Total Tayangan Halaman

Rabu, 08 Juni 2011

buah dan manfaatnya

Marilah kita saling memberi pengalaman bagi saudara2 muslimah&muslim yang mempunyai pengalaman dengan penyembuhan secara Herbal ,.. hal ini menjadikan ladang amal tuk kita semua..amin.
Tahun 1993, jurnal Cancer Letter melaporkan bahwa beberapa peneliti dari Keio University dan The Institute of Biomedical Sciences di Jepang yang melakukan riset terhadap 500 jenis tanaman mengklaim bahwa mereka menemukan zat-zat anti kanker (damnacanthal) yang terkandung dalam Mengkudu.
Lembaga-lembaga penelitian terkemuka di Perancis, Belanda, Jerman, Irlandia, Jepang, Taiwan, Austria, Kanada, dan bahkan National Academy of Sciences, sebuah pusat kajian ilmu pengetahuan nasional yang prestisius di Amerika Serikat telah melakukan berbagai penelitian tentang Mengkudu. Sementara itu, para peneliti di Uni¬versitas Hawaii juga telah melakukan banyak riset tentang Mengkudu, diantaranya riset tentang aktifitas anti-tumor dan anti-kanker Morinda citrifolia yang dimuat pada sebuah jurnal ilmiah (Proc, West Pharmacology Society Journal, vol,37, 1994).
Ada beberapa kasus pasien kanker yang mengkonsumsi sari buah Mengkudu dan menjadi sembuh, antara lain kasus pasien Dr. Harrison (D.C. General Hospital), yang menderita kanker hati dan pembengkakan perut yang disebabkan oleh cairan yang berlebihan. Selama 7 hari mengonsumsi sari Mengkudu, bengkak pada perutnya berkurang secara nyata. Pengujian haru terhadap cairan perutnya menunjukkan bahwa sel-sel kanker tersebut telah lenyap.
Menurut Dr. Judah Folkman dari Harvard University, Mengkudu bekerja sinergis dengan mikronutrien lain dalam menghamhat aliran darah yang menuju ke sel-sel tumor. Mekanismenya hampir sama dengan minyak squalen (dari hati ikan hiu) yang mengontrol pertumbuhan tumor otak dan memperpanjang usia tikus eksperimen dengan merusak alat-alat peredaran yang mensuplai darah menuju ke sel-sel tumor.
Anti-peradangan dan Anti-alergi
Senyawa scopoletin (hidroksi-metoksi-kumarin) sangat efektif sebagai zat anti-radang dan anti-alergi. Literatur-literatur kedokteran melaporkan keberhasilan pengobatan pada arthritis, bursitis, carpal tunnel syndrome dan alergi dengan menggunakan scopoletin.

Anti-bakteri
Hasil penelitian yang dimuat darn jurnal Pacific Science (vol 1.4, tahun 1950) melaporkan bahwa Mengkudu mengandung bahan anti-bakteri yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit jantung dan masalah pencernaan. Senyawa antraquinon yang banyak terdapat pada akar Mengkudu ternyata dapat melawan bakteri Staphylococcus yang menyebabkan infeksi pada jantung dan bakteri Shigella yang menyebabkan disentri.
Mengkudu bersifat anti-bakteri terhadap: Bacil¬lus subtilis, Escherichia coli, Proteus morganii, Pseudomonas aeruginosa, Salmonella montevdleo, Salmonella schotmuelleri, Salmonella typhi, Shigella dysenteriae, Shigella flexnerii, Shigella paraciysente¬riae BH und III-Z, Staphylococcus aureus.
Secara tradisional, bagian tumbuhan mengkudu digunakan dalam bentuk segar, sari buah atau seduhan, dan tapal. Akar misalnya, dimanfaatkan untuk mengobati kejang-kejang dan tetanus, menormalkan tekanan darah, obat demam, dan tonikum. Kulit batang digunakan sebagai tonikum, antiseptik pada luka atau pembengkakan kulit. Daunnya digunakan sebagai obat disentri, kejang usus, pusing, muntah-muntah, dan demam. Sedangkan buahnya untuk obat peluruh kemih, usus-usus, pelembut kulit, kejang-kejang, bengek, gangguan pernapasan, dan radang selaput sendi. Sementara itu, secara modern, berdasarkan hasil penelitian dan riset tentang khasiat mengkudu, para ilmuwan Barat berhasil mengidentifikasi mengkudu mengandung zat-zat aktif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dr. Isabella Abbott misalnya, seorang ahli botani, pada tahun 1992 menulis, mengkudu semakin banyak digunakan orang untuk mengontrol diabetes, kanker, dan tekanan darah tinggi. Kemudian pada 1993, jurnal Center Letter melaporkan bahwa beberapa peneliti dari Keio University dan The Institute of Biomedical Sciences Jepang melakukan riset terhadap 500 jenis tanaman. Mereka mengklaim telah menemukan zat antikanker dalam buah mengkudu. Yang agak populer tampaknya hasil survei yang dilakukan Dr. Neil Solomon terhadap 8.000 pemakai sari buah mengkudu, termasuk 40 dokter dan praktisi medis. Hasilnya memperlihatkan, jus mengkudu membantu menyembuhkan sejumlah penyakit. Sedikitnya ada 22 jenis penyakit, antara lain darah tinggi, kolesterol, stroke, kanker, asam urat, diabetes, kelemahan seksual, rasa nyeri, depresi, gangguan ginjal, dan stres dengan tingkat keberhasilan 78%. Selain itu, jus mengkudu efektif menyembuhkan gangguan pencernaan, obesitas, alergi, sulit tidur, meningkatkan daya konsentrasi hingga daya seksual. Menurut hasil penelitian, selain mengandung zat nutrisi, “sang noni” juga mengandung zat aktif seperti terpenoid, antibakteri, scolopetin, antikanker, xeronine, proxeronine, pewarna alami, dan asam. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh tergolong lengkap di mengkudu. Terpenoid merupakan zat penting yang berfungsi membentuk tubuh dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh. Sedangkan zat antibakteri dalam mengkudu antara lain antrakuninon, acubin, dan alizarin. Zat-zat tersebut di antaranya mampu mematikan bakteri penyebab infeksi jantung dan disentri.

3 Resep Sehat dengan Mengkudu

Resep Pertama
Buah mengkudu muda dibuat jus. Untuk penambah rasa, bisa dibubuhi sedikit madu. Ramuan ini diminum 30 menit sebelum sarapan.
Khasiat:
Membersihkan endapan lemak darah sehingga bisa menyembuhkan aterosklerosis, stroke, serta mencegah serangan jantung. Dapat membatasi penyerapan dan pembentukan lemak di tubuh sehingga dapat membantu program diet. Selain itu, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan pikiran tegang, stres, gelisah, dan mengurangi rasa tak nyaman.

Resep Kedua
Buah mengkudu matang dihaluskan kemudian dicampur dengan rimpang lempuyang parut dan beberapa sendok makan air masak. Hasil perasannya diminum.
Khasiat:
Mengobati peradangan hati, peradangan ginjal, dan peradangan limpa karena serangan malaria. Lalu, membantu membuang cairan empedu dan kolesterol berlebihan, dan menyembuhkan radang saluran kencing yang kerap disebut anyang-anyangan.

Resep Ketiga
Buah mengkudu matang dihaluskan, lalu dicampur dengan rimpang lengkuas parut dan beberapa sendok makan air panas. Hasil perasannya lalu diminum. Untuk penambah rasa, bisa ditambahkan madu atau gula batu.
Khasiat:
Menurunkan demam karena flu dan masuk angin terutama pada anak-anak. Ramuan ini juga mengobati radang tenggorokan dan amandel.
Buah Sirsak
Tapi kenapa kita tidak tahu ?
Karena salah satu perusahaan Dunia merahasiakan penemuan riset mengenai hal ini serapat2nya, mereka ingin dana riset yang di keluarkan sangat besar, selama bertahun-tahun, dapat kembali lebih dulu plus keuntungan berlimpah dengan cara membuat pohon Graviola Sintetis sebagai bahan baku obat dan obatnya di jual ke pasar dunia.

Memprihatinkan, beberapa orang meninggal sia2, mengenaskan, karena keganasan kanker, sedangkan perusahaan raksasa, pembuat obat dengan omzet milyaran dollar menutup rapat2 rahasia keajaiban pohon graviola ini.
Pohonnya rendah, di brazil dinamai “Graviola”, di Spanyol “Guanabana” bahasa inggrisnya “soursop”. Di Indonesia, ya buah sirsak. Buahnya berduri lunak, daging buah berwarna putih, rasanya manis2 kecut/asam, dimakan dengan cara membuka kulitnya atau di buat jus.
Khasiat dari buah sirsak ini memberikan effek anti tumor/kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker. Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur (fungi), efektif melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress, dan menormalkan kembali system syaraf yang kurang baik.
Salah satu contoh betapa pentingnya keberadaan Health Science Institute bagi orang2 amerika adalah institute ini membuka tabir rahasia buah ajaib ini. Fakta yang mencengangkan adalah : jauh dipedalaman hutan amazon, tumbuh “pohon ajaib”, yang akan merubah cara berpikir anda, dokter anda, dan dunia mengenai proses penyembuhan kanker dan harapan untuk bertahan hidup. Tidak ada yang bisa menjanjikan lebih dari hal ini, untuk masa2 yang akan datang.
Riset membuktikan “pohon ajaib” dan buahnya ini bisa :
• Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, Tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.
• Melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.
• Pasien merasakan lebih kuat, lebih sehat selama proses perawatan / penyembuhan.
• Energi meningkat dan penampilan fisik membaik.
Sumber berita sangat mengejutkan ini berasal dari salah satu pabrik obat terbesar di Amerika. Buah Graviola di-test di lebih dari 20 Laboratorium, sejak tahun 1970-an sampai beberapa tahun berikutnya. Hasil test dari ekstrak ( sari ) buah ini adalah
• Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya kanker : Usus Besar, Payu Dara, Prostat, Paru2, dan Pankreas.
• Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamicin dan Terapi Kemo yang biasa di gunakan.
• Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel2 jahat dan TIDAK membahayakan/ membunuh sel2 sehat.
Riset telah di lakukan secara ekstensive pada pohon “ajaib” ini, selama bertahun-tahun tapi kenapa kita tidak tahu apa2 mengenai hal ini ? jawabnya adalah : begitu mudah kesehatan kita, kehidupan kita, dikendalikan oleh yang memiliki uang dan kekuasaan.
Salah satu perusahaan obat terbesar di Amerika dengan omzet milyaran dollar melakukan riset luar biasa pada pohon Graviola yang tumbuh dihutan Amazon ini. Ternyata beberapa bagian dari pohon ini : Kulit kayu, akar, daun, daging buah dan bijinya, selama berabad-abad menjadi obat bagi suku Indian di Amerika selatan untuk menyembuhkan : sakit jantung, asma, masalah liver (hati) dan reumatik. Dengan bukti2 ilmiah yang minim, perusahaan mengucurkan dana dan sumber daya manusia yang sangat besar guna melakukan riset dan aneka test. Hasilnya sangat mencengangkan. Graviola secara ilmiah terbukti sebagai mesin pembunuh sel kanker.
Tapi… kisah Graviola hampir berakhir disini. Kenapa?
Dibawah undang2 federal, sumber bahan alami untuk obat DILARANG / TIDAK BISA dipatenkan.
Perusahaan menghadapi masalah besar, berusaha sekuat tenaga dengan biaya sangat besar untuk membuat sinthesa/cloning dari Graviola ini agar bisa di patenkan sehingga dana yang di keluarkan untuk riset dan aneka test bisa kembali, dan bahkan meraup keuntungan besar. Tapi usaha ini tidak berhasil. Graviola tidak bisa di-kloning. Perusahaan gigt jari setelah mengeluarkan dana milyaran dollar untuk riset dan aneka test.
Ketika mimpi untuk mendapatkan keuntungan lebih besar ber-angsur2 memudar, kegiatan riset dan test juga berhenti. Lebih parah lagi, perusahaan menutup proyek ini dan memutuskan untuk TIDAK mempublikasikan hasil riset ini.
Beruntunglah, ada salah seorang Ilmuwan dari team riset tidak tega melihat kekejaman ini terjadi. Dengan mengorbankan karirnya, dia menghubungi sebuah perusahaan yang biasa mengupulkan bahan2 alami dari hutan amazon untuk pembuatan obat.
Ketika para pakar risetdari Health Science Institute mendengar berita keajaiban Graviola, mereka mulai melakukan riset. Hasilnya sangat mengejutkan. Graviola terbukti sebagai pohon pembunuh sel kanker yang efektif.
The National Cancer Institute mulai melakukan riset ilmiah yang pertama pada tahun 1976. hasilnya membuktikan bahwa daun dan batang kayu Graviola mampu menyerang dan menghancurkan sel2 jahat kanker. Sayangnya hasil ini hanya untuk keperluan intern dan tidak di publikasikan.
Sejak 1976, Graviola telah terbukti sebagai pembunuh sel kanker yang luar biasa pada uji coba yang di lakukan leh 20 Laboratorium Independence yang berbeda.
Suatu studi yang di publikasikan oleh The Journal of Natural Products meyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di korea selatan, menyebutkan bahwa salah satu unsure kimia yang terkandung di dalam Graviola, mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker Usus Besar dengan 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamicin dan Terapi Kemo.
Penemuan yang paling mencolok dari study Catholic University ini adalah : Graviola bisa menyeleksi memilih dan membunuh hanya sel jahat kanker, sedangkan sel yang sehat tidak tersentuh/terganggu . Graviola tidak seperti terapi kemo yang tidak bisa membedakan sel kanker dan sel sehat, maka sel2 reproduksi (seperti lambung dan rambut) dibunuh habis oleh terapi kemo, sehingga timbul efek negatif : rasa mual dan rambut rontok.
Sebuah studi di Purdue University membuktikan bahwa daun Graviola mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker : prostate, pancreas, dan Paru2.
Setelah selama kurang lebih dari 7 tahun tidak ada berita mengenai Graviola, akhirnya berita keajaiban ini pecah juga, melalui informasi dari lembaga2 tersebut di atas.
Pasokan terbatas ekstrak Graviola yang di budidayakan dan di panen oleh orang2 pribumi Brazil, kini bisa di peroleh di Amerika.
Sirsak mempunyai manfaat yang sangat besar dalam pencegahan dan penyembuhan penyakit kanker.
Untuk pencegahan:
disarankan makan atau minum jus buah sirsak.
Untuk penyembuhan:
- 10 buah daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) dicampur ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga menguap
dan air tinggal 1 gelas saja.
- Air yang tinggal 1 gelas diminumkan ke penderita setiap hari 2 kali.
- Setelah minum, efeknya katanya badan terasa panas, mirip dengan efek kemoterapi.
Dalam waktu 2 minggu, hasilnya bisa dicek ke dokter, katanya cukup berkhasiat.
Daun sirsak ini katanya sifatnya seperti kemoterapi,
bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal
dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.
Sedangkan kemoterapi masih ada efek membunuh juga sebagian sel sel yang normal.
Sekarang anda tahu manfaat buah sirsak yang luar biasa ini. Rasanya manis2 kecut menyegarkan. Buah alami 100% tanpa efek samping apapun.Sebar luaskan kabar baik ini kepada keluarga, saudara, sahabat,dan teman yang anda kasihi.
Kisah lengkap tentang Graviola, dimana memperolehnya, dan bagaimana cara memanfaatkannya, dapat di jumpai dalam Beyond Chemotherapy : New Cancer Killers, Safe as Mother’s Milk, sebagai free special bonus terbitan Health Science Institute.
Buat yang masih ragu, apa salahnya kita mencoba, makan buah kan ga berbahaya .

Memprihatinkan, beberapa orang meninggal sia2, mengenaskan, karena keganasan kanker, sedangkan perusahaan raksasa, pembuat obat dengan omzet milyaran dollar menutup rapat2 rahasia keajaiban pohonGraviola ini.

Pohonnya rendah, di Brazil dinamai “Graviola”, di Spanyol “Guanabana” bahasa Inggrisnya “Soursop”. Di Indonesia, ya buah Sirsak.Buahnya agak besar, kulitnya berduri lunak, daging buah berwarna putih, rasanya manis2 kecut/asam, dimakan dengan cara membuka kulitnya atau dibuat jus.

Sumber berita sangat mengejutkan ini berasal dari salah satu pabrik obat terbesar di Amerika. Buah Graviola dites di lebih dari 20 Laboratorium, sejak tahun 1970-an sampai beberapa tahun berikutnya. Hasil Tes dari ekstrak (sari) buah ini adalah :
1. Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya kanker : Usus Besar, Payudara, Prostat, Paru2, dan Pankreas.
2. Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo yang biasa digunakan!
3. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel2 jahat dan TIDAK membahayakan/ membunuh sel2 sehat!

Beruntunglah, ada salah seorang Ilmuwan dari Team Riset tidak tega melihat kekejaman ini terjadi.Dengan mengorbankan karirnya,dia menghubungi sebuah perusahaanyang biasa mengumpulkan bahan2 alami dari hutan Amazon untuk pembuatan obat.

Ketika para pakar riset dari Health Sciences Institute mendengar berita keajaiban Graviola, mereka mulai melakukan riset. Hasilnya sangat mengejutkan. Graviola terbukti sebagai pohon pembunuh sel kanker yang efektif.

The National Cancer Institute mulai melakukan riset ilmiah yang pertama pada tahun 1976. Hasilnya membuktikan bahwa daun dan batang kayu Graviola mampu menyerang dan menghancurkan sel2 jahat kanker. Sayangnya hasil ini hanya untuk keperluan intern dan tidak dipublikasikan.

Sejak 1976, Graviola telah terbukti sebagai pembunuh sel kanker yang luar biasa pada uji coba yang dilakukan oleh 20 Laboratorium Independence yang berbeda.

Suatu studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Natural Products menyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan, menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam Graviola, mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker Usus Besar dengan 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo!

Cara pengolahan

Lebih lanjut, Stefanus dan Darmawan Tri Wibowo, ahli budidaya tanaman sirsak dari Taman Wisata Mekarsari memaparkan cara pengolahan daun sirsak untuk herbal pencegah kanker, berikut ini:

1. Pada pengobatan kanker, daun sirsak (10-15 lembar) direbus dengan 3 gelas air (600 cc) hingga tersisa 1 gelas air rebusan. Pada saat merebus sebaiknya menggunakan kendi atau panci yang terbuat dari tanah liat agar kemurnian zat yang ada pada daun sirsak tetap terjaga. Air rebusan diminum selagi hangat setiap hari, pagi atau sore hari selama 3-4 pekan.

”Perlu diperhatikan, pengambilan daun sirsak sebaiknya dimulai dari daun ke-4 atau ke-5 dari ujung pucuk. Hal ini dikarenakan pada daun yang terlalu muda, senyawa belum banyak terbentuk. Sementara pada daun yang tua sudah mulai rusak sehingga kadarnya berkurang,” terang Darmawan.

2. Selain teknik pengolahan di atas, secara umum terdapat pengolahan lain daun sirsak, yaitu dengan memanfaatkan daun sirsak kering 10-15 lembar direbus dengan 2 gelas air (400 cc) sehingga tersisa 1 gelas air rebusan. Proses perebusan membutuhkan waktu 1-1,5 jam saja, jadi lebih cepat prosesnya dibanding cara di atas. Proses pengeringan sebaiknya tidak dilakukan di bawah sinar matahari terik karena dikhawatirkan akan merusak senyawa dalam daun sirsak.

”Daun sirsak kering memiliki senyawa yang tetap sama dengan daun sirsak basah karena yang berkurang dalam proses pengeringan hanya kadar airnya. Sementara, senyawa dalam daun tetap terjaga. Penyimpanan daun sirsak dalam lemari pendingin maksimal sepekan sejak pemetikan karena proses pendinginan yang lama dikhawatirkan akan merusak senyawa dalam daun selain aroma daun yang tidak enak karena proses fermentasi,” papar Darmawan.

3. Konsumsi daging buah sirsak segar (150-250 gr/hari) dengan mengolahnya menjadi jus atau dimakan langsung sangat disarankan. Daging buah sirsak selain sebagai penambah energi (pada umumnya penderita kanker/tumor kondisi badanya lemas /lesu) juga kaya serat yang sangat membantu proses pengeluaran sel-sel kanker yang telah mati akibat penyembuhan oleh senyawa acetogenins.

Ekskresi sel kanker yang mati bisa melalui keringat, urine, dan feses sehingga umumnya terapi menggunakan herbal daun sirsak sebagai pengobatan akan berefek hangat/panas pada bagian tubuh yang sakit, sering kencing, dan berkeringat deras. Cepat lambatnya reaksi tubuh terhadap penggobatan atau efek samping pengobatan berbeda pada setiap orang dipengaruhi oleh faktor, seperti usia, ketahanan tubuh penderita, tingkat stadium kanker/tumor, dan jenis kanker atau tumornya.

4. Pengolahan daun sirsak lainnya yaitu dengan cara memblender 3-5 lembar daun sirsak basah dengan menambahkan ¼ gelas air (50 cc) air hangat untuk membantu proses penghancuran. Sebelum diblender, daun sebaiknya dipotong menjadi 3-4 bagian agar lebih cepat hancur. Setelah hancur, masukkan daun ke wadah dengan penutup rapat, lalu tambahkan 1 gelas air panas ke dalamnya dan aduk sampai rata.

Tutup wadah dengan rapat agar panas tetap terjaga dan proses ekstraksi senyawa dapat maksimal. Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu saring olahan untuk diambil airnya dan minum selagi hangat.

Bila tidak ada blender, pengolahan daun sirsak bisa juga dengan cara digerus menggunakan cobek dengan teknik pengolahan yang sama dengan cara diblender.

”Pengolahan dengan cara diblender atau digerus tidaklah semaksimal ekstraksi senyawa daun sirsak dibandingkan dengan teknik pertama (perebusan daun basah) dan teknik kedua (perebusan daun kering), tetapi lebih efisien. Hasil olahan pada kedua teknik umumnya beraroma langu yang cukup menyengat. Untuk menekan aromanya bisa ditambahkan sedikit perasan buah nanas atau buah lain yang lebih disukai. Dan jangan menambahkan gula aren murni, madu, atau gula pasir bila rasanya tidak Anda sukai, karena sudah melalui proses kimiawi,” terang Stefanus.

Reaksi pengobatan

Reaksi pengobatan menggunakan olahan daun sirsak umumnya bereaksi setelah 3-7 hari setelah pengobatan secara rutin 3 kali sehari meskipun ada juga yang baru bereaksi setelah 1 bulan konsumsi rutin.

”Bila reaksi tidak ada, cek kembali secara detail, mulai dari pemilihan alat dan bahan, teknik pengambilan daun, cara pengolahan, bahkan teknik konsumsinya apakah rutin atau tidak, karena semua merupakan satu kesatuan yang wajib dipenuhi agar hasilnya maksimal,” saran Stefanus.

Ia menambahkan, cek kondisi penyakit Anda sebelum pengobatan dan periksa kembali dua pekan setelah pengobatan untuk melihat sejauh mana reaksi pengobatan dengan metode ini. Bila tidak ada pengaruh selama dua bulan konsumsi, padahal sudah menjalankan pengolahan dengan benar, maka pengobatan dengan olahan daun sirsak ini bisa ditingggalkan.

”Untuk penderita maag yang khawatir asam lambungnya naik karena konsumsi buah sirsak yang agak asam, sebaiknya mengonsumsi buah 1 jam setelah makan. Bila menderita sakit maag yang cukup akut, konsumsi buahnya bisa dilakukan dengan cara mengukus daging sirsak terlebih dahulu agar rasa asam berkurang,” tutup Stefanus.

Beberapa Penyakit Yang Bisa Di Obati Dengan Daun Sirsak :

1. Pengobatan Kanker.
10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini katanya sifatnya seperti kemoterapi, bahkan
lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.

2. Sakit Pinggang.
20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

3. Bayi Mencret.
Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

4. Ambeien.
Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

5. Bisul.
Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terkena bisul.

6. Anyang-anyangen.
Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

7. Sakit Kandung Air Seni.
Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

8. Penyakit Liver. Puasa makanan lain, hanya minum juice sirsak selama 1 minggu

9. Eksim dan Rematik. Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit

Anda perlu ingat, mengonsumsi herbal tak secepat obat kimia, butuh kesabaran dan kedisiplinan untuk meminum ramuan tersebut dan menjalani gaya hidup sehat. Tak ada pola tunggal untuk menjaga kesehatan atau mengobati penyakit Anda. Selain itu, bila Anda memiliki riwayat penyakit serius, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda saat akan mengonsumsi ramuan herbal ini.

Untuk menyembuhkan pasien sakit kanker, resep daun sirsak saja tidaklah cukup. Perlu juga diikuti resep air daun nangka karena air ini menumbuhkan sel-sel baru dan meremajakan sel-sel yang telah rusak.
Berdasarkan informasi dari Martin Bhisu yang mendapatkan informasi dari Presiden Fernando Lugo, temanku itu kini mengikuti resep air daun nangka sbb:
1. Ambil 10 lembar daun nangka yang matang (tidak terlalu muda).
2. Rebuslah dengan air satu setengah liter (setara 1 botol aqua besar).
3. Didihkan sampai sekitar 70 derajat Celsius, jangan terlalu lama, tak perlu sampai daun itu masak benar.
4. Ambil air yang tersisa, tuang ke sebuah mangkok besar, lalu tutuplah mangkok itu agar uap air daun nangka itu tidak menguap dan terbuang ke luar. Simpanlah sampai air itu dingin.
5. Minumlah 3 x sehari tiap setengah jam sebelum makan.
Daftar khasiat nangka disajikan berikut ini.
1. Daun untuk menyembuhkan kanker.
2. Daun digunakan sebagai terapi anti-diabetes (pengobatan ayurveda India).
3. Daun pohon nangka juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI, borok (obat luar), dan luka (obat luar).
4. Biji nangka digunakan sebagai obat batuk dan tonik.
5. Buah nangka yang mengandung kalium cukup besar berguna mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi.
6. Getah kulit kayu juga telah digunakan sebagai obat demam, obat cacing dan sebagai anti-inflamasi.
7. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, fosfor, dan mineral lainnya seperti zat besi sangat baik sebagai anti-oksidan, anti-kanker, untuk memperkuat tulang dan gigi, dan melancarkan pencernaan.
8. Nangka juga dikenal dapat membantu menyembuhkan bisul dan gangguan pencernaan.
9. Bioaktivitas nangka terbukti secara empirik sebagai anti-kanker, anti-virus, anti-inflamasi, diuretil, dan anti-hipertensi.
Karena nangka berkhasiat untuk mempertahankan ketahanan dan kesehatan tubuh melalui peremajaan sel, orang yang sehat pun disarankan mengkonsumsi air daun nangka dan buah nangka.
Agar Anda mendapatkan gambaran lengkap mengenai khasiat sirsak dan nangka, terutama untuk menyembuhkan pasien kanker (termasuk kista dan tumor), klik dan save file powerpoint berikut ini!
Khasiat sirsak & nangka
Untuk menjamin kesehatan Anda dan membuang jauh kekhawatiran terserang penyakit kanker, biasakanlah minum teh daun sirsak dan teh daun nangka.
Bawang Putih
Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.


Inilah Khasiat bawang putih yang telah diketahui :


• Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan.
• Membantu menghambat proses penuaan. Menghambat pertumbuhan sel kanker.
• Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi.
• Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
• Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.
• Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi.
• Dengan efek yang lebih lembut. Bawang putih mengandung vitamin A.
• Bawang putih mengandung vitamin B.
• Bawang putih mengandung vitamin C.
• Bawang putih mengandung kalsium.
• Bawang putih mengandung potasium
• Bawang putih mengandung antioksidan. Bawang putih mengandung karoten dan selenium
• Mengonsumsi 2-3 siung bawang putih sehari, akan menghindarkan dari kemungkinan perpenyakit jantung.
• Menyembuhkan tekanan darah tinggi
• Meringankan tukak lambung
• Menurunkan kolesterol dalam darah
• Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.
• Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh
• Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.
• Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah
• Menjaga stamina tubuh
• Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.

Bawang putih dapat digunakan juga sebagai obat penyakit kutil,caranya : keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) lalu tempelkan pada kutil dan ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggu sampai 30 menit,jangan terlalu banyak bergerak,maka kulit akan panas dan kutil akan menghitam.Besoknya anda terbebas dari kutil.
Bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia.

Resep Bawang Putih
Monilia dan Keputihan
Penyakit monilia adalah penyakit yang ditimbulkan oleh infeksi ragi atau jamur di mulut dan tenggorokan. Gejala monilia ini dapat dilihat pada warna ludah yang putih. Biasanya, jenis jamur yang menyerangnya adalah jamur Candida albicans. Jamur ini biasa juga menyerang daerah vagina perempuan dan menyebabkan keputihan yang terasa gatal, bahkan nyeri. Sulfur yang terkandung dalam bawang putih mempunyai khasiat sebagai antifungus, yakni memberantas dan mencegah timbulnya kembali jamur yang tumbuh di badan.
Untuk pengobatan, dianjurkan agar mengonsumsi bawang putih dengan aturan sebagai berikut:
1. Makan banyak bawang putih segar (mentah), sehari tidak boleh lebih dari 3 slung.
2. Minum teh bawang putih.
3. Khusus untuk monilia, 1 siung bawang putih dihancurkan dan dilarutkan dengan 1 gelas air matang. Biarkan selama 20 menit, kemudian saring. Airnya untuk berkumur-kumur dan diminum.

bawang putih, siapa sangka tanaman saudara nya bawang merah ini memiliki khasiat yang luar biasa, berikut ini khasiat bawang putih.
1. Menghambat kemerosotan otak dan
sistem kekebalan
2. Membantu menghambat proses
penuaan. Menghambat pertumbuhan sel
kanker.
3. Dengan mengkonsumsi bawang putih,
resiko terkena kanker dapat dikurangi.
4. Bawang putih yang dikonsumsi secara
rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan
kadar kolesterol.
5. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene
menolong mencegah penggumpalan darah.
6. Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan
depresi.
7. Dengan efek yang lebih lembut. Bawang putih mengandung vitamin A.
8. Bawang putih mengandung vitamin B.
9. Bawang putih mengandung vitamin C.
10. Bawang putih mengandung kalsium.
11. Bawang putih mengandung potasium
12. Bawang putih mengandung antioksidan. Bawang putih
mengandung karoten dan selenium
13. Mengonsumsi 2-3 siung bawang putih sehari, akan menghindarkan
dari kemungkinan berpenyakit jantung.
14. Menyembuhkan tekanan darah tinggi
15. Meringankan tukak lambung
16. Menurunkan kolesterol dalam darah
17. Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.
18. Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan
tubuh
19. Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi
tubuh dari berbagai macam penyakit.
20. Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah
21. Menjaga stamina tubuh
22. Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik,
antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai
antitumor.
Namun seberapapun khasiatnya sebuah obat, jika tidak dimbangi
dengan pola hidup sehat semua itu sia-sia .

peradangan.
Memarkan bawang putih dan campurkan dengan minyak kelapa. Campuran tersebut
terbukti dapat mengurangi batuk rejan bila digosok pada dada dan di antara
tulang belikat.

Rematik
Satu atau dua siung bawang putih dan ditambah madu, dimakan 2-3 malam berturut
-turut sangat membantu untuk penderita rematik.
Lebih lanjut cara menggunakan daun pepaya untuk mengobati penyakit sebagai berikut:
• Jerawat. Jemur 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, lumatkan sambil diberi air, peras. Oleskan sarinya pada jerawat.
• Sakit keputihan. Ambil satu lembar daun pepaya, satu potong akar rumput alang-alang, adas pulosari secukupnya. Selanjutnya daun pepaya dicincang halus, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 1,5 liter air sampai mendidih dan disaring kemudian diminum satu kali sehari satu gelas dan dilakukan secara teratur.
• Mencegah demam nifas. Sehelai daun pepaya muda dicuci, iris-iris, rebus dengan gula aren dan segelas air sampai airnya tinggal 1/2. Minum sekaligus segera setelah melahirkan selama dua hari berturut-turut.
• Melancarkan haid. Dua helai daun pepaya dicuci, tumbuk halus sambil diberi 1/4 gelas air, peras, beri garam. Minum sekaligus satu kali sehari.
• Melancarkan ASI. Beberapa helai daun pepaya dicuci, layukan di atas api. Hangat-hangat ditaruh di sekeliling payudara.
• Malaria dan demam. Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari; lakukan 5 hari berturut-turut.
• Menambah nafsu makan. Sehelai daun pepaya segar dicuci, lumatkan, beri garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras. Minum airnya sekaligus.
• Malnutrisi. Satu lembar daun pepaya direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminumkan pada balita 2 sendok makan setiap hari.
• Flu. Cuci tiga helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Minum dua kali sehari untuk anak-anak, dan empat kali sehari untuk dewasa. (berbagai sumber)
• mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.
• Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setenagh sendok air, baru deh dapat di manfaatkan untuk muka penuh jerawatmu.
• 2. Manfaat Memperlancar pencernaan
Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
• 3. Menambah nafsu makan
Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.
• 4. Demam berdarah
Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiperempatnya saja. Sy sendiri belum pernah membuktikannya, jadi jika keadaan tidak membaik segera segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!
• 5. Nyeri haid
Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.
• 6.Anti kanker
Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).
• Pepaya di percaya oleh nenek moyang kita sejak dulu sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormone betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.
• Awet Muda
• Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya buah apel!!. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya.
anaman pepaya dikenal sebagai tanaman multiguna, karena hampir seluruh bagian tanaman mulai dari akar hingga daun bermanfaat bagi manusia maupun hewan. Tanaman pepaya dapat dimanfaatkan sebagai makanan, minuman, obat, kecantikan mau- pun sebagai pakan ternak.

Tahukah anda bahwa buah pepaya juga punya efek terapi yang sangat baik? khususnya terapi kecantikan bagi wanita seperti melangsingkan tubuh, mengencangkan payudara dan awet muda

Pelangsing Tubuh

Buah pepaya punya khasiat menguruskan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Nah, enzim tersebut berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim itu juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih.

Mengencangkan Payudara

Pepaya di percaya oleh nenek moyang kita sejak dulu sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormone betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.

Awet Muda

Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya buah apel!!. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya.

Biji pepaya
Merawat kesehatan mata tak memerlukan biaya dan usaha yang banyak, selama kamu displin melakukannya, mata kamu akan senantiasa berbinar indah dengan tatapan yang menebarkan aura kebahagiaan.
Menurut dr. Rini Mahendra SpM salah satu cara perawatan murah ialah dengan mengonsumsi biji pepaya. Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata.
Bila kamu tidak tahan akan rasa getirnya, maka kamu dapat mengonsumsinya dengan ditambah madu, atau sebagai campuran minum teh. Selain itu bisa juga biji tersebut dijemur atau disangrai untuk kemudian dimakan sebagai snack. Konsumsilah secara teratur, kira-kira tiga kali sehari sebanyak sepuluh butir.
Sekain itu, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata, misalnya yang mengandung antioksidan, seperti karotin (banyak dijumpai pada sayuran wortel dan bayam), mengandung seng (terdapat pada daging sapi atau domba), dan selenium (pada ikan atau daging merah).
Saat umur semakin bertambah, mau tak mau uban (rambut putih) pun bermunculan. Salah satu cara menghilangkannya adalah dengan mengecat rambut. Tapi bagaimana bila Anda alergi dengan cat rambut? Anda bisa mencoba cara lain, seperti mencoba khasiat dari biji buah papaya. Jika biasanya biji tidak terpakai, untuk saat ini jangan dibuang! Ada baiknya Anda simpan untuk persediaan ketika uban Anda mulai muncul. Berikut proses pembuatan biji papaya untuk menghilangkan uban :

* Jangan buang biji pepaya, bersihkan
* Sangrai (goreng tanpa minyak) biji 1 buah papaya
* Tumbuk halus kemudian campur dengan minyak kelapa secukupnya
* Oleskan ramuan itu pada seluruh rambut dan kulit kepala
* Bungkus rambut dengan handuk, biarlkan selama 2 jam
* Bilas rambut hingga bersih

Lakukan 1 minggu sekali sampai dengan 3 bulan, umumnya uban akan tertutup dan uban Anda akan hiitam kembali.
SEHAT ALA CARA TRADISIONAL
DAUN KENTANG OBAT KUTIL
Dengan cara menggosok-gosokkan daun kentang ke kutil yang tumbuh, hasilnya setelah beberapa hari terlihat. Selamat mencoba.
CiCAK ANTI BISA KALAJENGKING
Caranya : ekor cicak dipotong separoh, ujungnya dibuang, lalu ekor yang masih melekat pada badan cicak yang masih hidup ditempelkan pada tempat yang disengat.
OBAT LANGSING
Sediakan:
Jeruk pecel/jeruk nipis,setengahnya saja dan ambil airnya
The pahit yang kental satu gelas.
Caranya: air jeruk dan air teh kental diaduk jadi satu sampai mencampur rata kemudian diminum menjelang tidur.
OBAT SAKIT KEPALA
Caranya : ambil kangkung secukupnya, direbus dengan air setelah mendidih tumbuk sampai lumat, kemudian masukkan kedalam air yang sudah diberi garam secukupnya trus disaring dan, diminum.

SAKIT GIGI
Caranya : bersihkan dulu gigi yang sakit atau yang lobang. Sediakan kapas sebesar lubang pada gigi kemudian celupkan kedalam minyak tanah, lalu masukkan dalam lubang gigi yang ada. Tunggu 5-10 menit.

MANFAAT BUAH ALPOKAT
Daun alpokat sebamyak 9 lembar, direbus dengan air dan diberi garam satu sendok teh. Satu gelas rebusan daun alpokat ini bila dimunum sebelum tidur akan menyembuhkan penyakit : asthma. Dengan catatan harus diminum setiap hari.
Beberapa lembar daun alpokat ditambah 3 lembar daun ceplukan ditambah kunyit sebesar ibu jari yang dirajang serong kemudian direbus dengan 8 gelas air. Trus diminum sebelum tidur, akan menghilangkan rasa pegal-pegal, linu pada sendi tulang kaki. Setiap satu gelas bisa ditambahkan satu sendok teh garam atau gula menurut selera.

MEMCEGAH ALERGI IKAN LAUT
Caranya : wortel diparut, campur atau adukan wortel dengan ikan yang akan digoreng. terus digoreng untk disantap.
MUNTABER
Caranya : bawang putih mentah secukupnya, ditumbuk halus. Kemudian diseduh dengan air mendidih. Setelah hangat, berikan kepada yang terkena muntaber. Kurang lebih 4 jam akan terasa hasilnya.

MENCRET
Caranya : sediakan beras kira-kira 2 gelas, kunyit diiris tipis-tipis (kira-kira 7 iris saja). Kemudian kedua ramuan ini digoreng tanpa minyak sampai hangus. Setelah hangus tuangkan 3 gelas air kegorengan. Kemudian masukkan pucuk daun jambu perawas dua genggam. Sesudah matang, lalu taruh dalam gelas dengan disaring terlebih dahulu. Nah ramuan ini diminum pagi dan sore sampai sembuh betul.

GONDOK
Caranya : 10 buah asam dicampur dengan 1 sendok teh dan sedikit air hangat. Lumatkan sampe merata betul. Setiap mau tidur olesi gondok dengan ramuan ini. InsyaAllah belum satu bulan sudah sembuh.

JERAWAT
Caranya : sebelum tidur, olesi jerawat dengan pasta gigi, beberapa hari kemudian pasti kering and mengelupas sendiri. Jika jerawat sudah besar bisa kita pijit sampai keluar isi jerawat dan harus cepat-cepat diolesi dengan pasta gigi.

DEMAM BERDARAH
Caranya : siapkan bahan-bahan:
Ø Kunyit/kunir sebesar jari telunjuk.
Ø Temu ireng / temu hitam
Ø Tiga pohon meniran
Ø Daun pepaya yang masih muda beserta tangkainya.
Ø Sedikit garam dapur untuk mengurangi rasa pahit.
Campuran ramuan diatas ditumbuk halus, beri air hangat setengah gelas kemudian diperas dan disaring. Airnya diminum 1 kali sehari selama seminggu. Dalam waktu 2-3 hari sudah bisa dikatakan sembuh.

AMBEIEN
Bahan-bahannya:
Ø Daun patikan
Ø Daun meniran
Ø Daun brambang
Ø Adas pulosari
Ø Jinten putih
Ø Gula batu
Daun daun tersebut direbus dengan adas pulosari dan jinten putih, sampai air yang menyerupai teh itu tinggal separoh. Air rebusan inilah yang diminum dengan gula batu sampai beberapa kali.

ASTHMA
Caranya : lima siung bawang puith/bawang pulak diiris tipis-tipis, rebus dengan satu gelas air. Biar mendidih hingga airnya tinggal setengah gelas. Setelah dingin disaring kemudian tambah madu asli 1 sendok makan. Ramuan ini sekali minum saja untuk sorenya harus membuat lagi. Diminum 2 kali sehari selama 10 hari.

KUNING ( SAKIT KUNING )
Caranya : kerang direbus dengan diberi garam secukupnya (jangan terlalu asin). Ini diminum 2 kali sehari selama seminggu.

MULES
Caranya : siapkan gula merah satu cetakan dan beras kira-kira 1 ons, kemudian diongseng sampai warnanya coklat tua, kemudian dimakan sebanyak mungkin. InsyaAllah sembuh kurang dari 15 menit.

OBAT JERAWAT
Caranya : siapkan kuning telur separuh saja, dan dicampur dengan 1,5 sendok makan madu, terus diaduk sampai rata. Oleskan pada muka yang kena jerawat, sekali sehari sampai jerawat benar-benar hilang.

BAU MULUT
Caranya : ambilah sedikit kopi bubuk dan makan. Kemudian minum air biasa (teh atau air putih biasa), untuk menghilangkan rasa pahit.

BATUK DAN SESAK NAFAS
Bahannya :
Ø 7 lembar daun sirih
Ø 7 buah kapulogo
Ø 1 sendok the jintan hitram
Ø 1 sendok teh adas
Ø gula batu secukupnya (jangan terlalu manis).
Semua bahan tersebut direbus dengan satu gelas air, biarkan mendidih, hingga airnya tinggal setengah gelas. Angkat dan saring, setelah dingin diminum 3 kalii sehari satu sendok the.

BATU GINJAL
Bahannya :
Ø Temu lawak sebesar ibu jari
Ø Daun kumis kucing 3 pucuk
Ø Meniran 1 pohon.
Bila sudah dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan air tinggal 1 gelas. Minum pagi dan sore hari. Teruskan sampai batu ginjal keluar bersama air seni.

BATUK
Makan telur asin 2 kali sehari dengan atau tanpa nasi. Lakukan beberapa hari.

PENDARAHAN
Caranya : anak pohon pisang batu yang baru tumbuh dan belum berdaun sama sekali, ambil sampai keakarnya. Lalu cuci bersih. Pucuknya dibuang sedikit dan parutlah sampai habis. Setelah itu diperas dan airnya diminum.

KEJANG / STEP
Bila anak dalam keadaan step jangan sekali-kali digendong. Biarkan diatas ranjang dalam keadaan terlentang. Buka bajunya. Agar giginya tidak terkancing, masukkan telunjuk jari yang sudah dibersihkan kedalam mulut. Lama-lama anak akan normal kembali. Faktor utama anak menjadi step adalah suhu badan yang terlalu tinggi. Cara mencegahnya cukup mudah yaitu : anak-anak kecil yang normal harus sering-sering diberi kopi manis 2-3 sendok sehari. Kopi jangan terlalu manis dan kental.

DEMAM PADA ANAK
Caranya : minyak kelapa yang sudah dicampur dengan bawang merah yang telah ditumbuk kemudian oleskan pada sekujur tubuh terutama pada punggung dan dada.

DARAH AYAM MENGHILANGKAN BOTAK
Caranya : darah ayam yang masih segar dioleskan ke kepala yang botak.

CAPLAK
Caranya: ambilah endapan air kapur /enjet dan sabun deterjen secukupnya. Campur keduanya pada mangkok. Kalo sudah rata tempelkan adonan ini tepat pada caplak. Niscaya caplak akan copot dengan sendirinya.

ANAK CEPAT JALAN
Caranya : dihalaman rumah kita tentu ada rumput-rumput hijau. Biasanya pagi hari rumput-rumput ini bertaburkan embun. Nah papah atau tuntunlah anak kita diatas rumput yang berembun tersebut tanpa alas kaki. Ambil air embun dengan telapak tangan kita kemudian oleskan pada dengkul anak kita, lakukan setiap pagi hari.

PANAS
Caranya : daun pisang yang masih muda diiris kemudian ditempelkan pada dahi.

JERAWAT
Caranya : potonglah jeruk pecel/nipis yang sudah tua menjadi 2 bagian, nah gosokan potongan buah jeruk tersebut ke wajah atau jerawat anda. Lakukan setiap menjelang tidur dan diulang sampai jerawat hilang.

ANYANG – ANYANGAN
Caranya: pusar atau udel diolesi dengan kapur sirih.
RHEUMATIK
Caranya : ambil daun belimbing wuluh/belimbing buloh/belimbing beliwit secukupnya( satu genggan saja), lalu ditumbuk halus, kemudian beri air masak satu gelas. Saring dan minum airnya.

BISUL
Caranya : ambil bawang putih, lalu potong dan oleskan pada bisul atau bintiiL yang baru tumbuh, berulangkali perlahan-lahan.

SAKIT KERONGKONGAN / SERAK
Caranya : ambil daun pisang sebesar setengah sapu tangan, olesi dengan minyak goreng, kemudian tempelkan pada tenggorokan dengan dililit selendang. Gunakan menjelang tidur.

MEMBUAT LESUNG PIPIT
Caranya : ketika anak masih bayi, kira-kira umur seminggu, ambilah daun sirih yang masih bertangkai dan masih segar. Setiap habis mandi pagi dan petang hari cucukkanlah tangkai daun sirih tadi pada pipi bayi anda. Baik yang kanan atau kiri.

KHASIAT CEKER AYAM
Cakar ayam yang sudah ditumbuk sampai setengah hancur ditambah 2 gelas air kemudian dimasak sehingga jadi 1 gelas (disaring loch). Ini bisa untuk nambah nafsu makan dan untuk daya tahan tubuh.
DAGING TUPAI UNTUK KENCING MANIS
Caranya : rebuslah daging tupai ( daging jangan dicuci dengan air kalau kondisinya bersih) dengan asam kawak dan gula jawa. Setelah itu boleh digoreng sampai kering.

CENGKEH UNTUK BAU MULUT
Caranya : ambil 2 buah cengkeh, cuci yang bersih.kemudian rendamlah dengan 2 sendok air panas didalam gelas selama 5 menit. Kemudian ambil cengkehnya dan airnya untuk berkumur – kumur.

BERIKUT KAMI SAMPAIKAN BEBERAPA TIPS SEDERHANA DALAM RUMAH TANGGA
Didalam berumah tangga sering kali kita mengalami kesulitan dalam menghadapi problem rumah yang ada. Untuk itu uraian ini mudah-mudahan menambah ketrampilan dan pengetahuan.

BILA PISAU BAU AMIS
Caranya : olesi pisau dengan pasta gigi, diamkan beberapa saat, kemudian cuci dengan air.

BILA WASTAFEL TERSUMBAT
Caranya: masukkan secangkir soda dan cuka, maka sisa-sisa makanan akan hancur dan saluran kembali lancar.
SEMIR HITAM DARURAT
Caranya : carilah carbon bekas. Gosokan pad sepatu anda dengan rata baru disikat.

PUPUK SEDERHANA DAN MURAH
Sisa kopi dari gelas habis diminum dikumpulkan lalu diletakkan diatas vas bunga atau poy tanaman, maka tanaman akan menjadi subur. Disamping itu juga bisa mengusir bau busuk, juga untuk membersihkan piring yang berbau anyir dan lemak.

MENGHARUMKAN PAKAIAN DENGAN BUNGA
Caranya : bunga mawar atau melati, kenanga atau pudak dan bunga yang berbau harum lainnya dapat digunakan sebagai parfum. Letakkan bunga-bunga tadi didalam kantong plastik yang terbuka kemudian gantung dirak penyimpan pakaian dalam almari.

MENGHILANGKAN NODA PADA MOBIL
Gunakan pasta gigi kemudian digosok dengan lap berkali-kali.

MENCUCI OLI YANG KOTOR
Olie kotor jangan dibuang. Caranya : saringlah oli dengan tumbukan arang kasar, karena arang menghisap garam, logam dan air, maka oli akan kembali bersih.

MEMBERSIHKAN MINYAK GORENG
Caranya :
Panaskan dalam wajan, jika sudah panas ambilah dua atau tiga sendok nasi dan goreng. Nasi akan mengumpul, kemudian buanglah nasi tersebut. Maka minyak goreng akan kembali bersih.
MANFAAT BENALU
Caranya : benalu direbus (kering atau segar) dan airnya diminum. Sebagai obat amandel, membasmi tumor ganas, rematik, tekanan darah tinggi.

MANFAAT KULIT BUAH PISANG
Kulit buah pisang yang matang, segar, bisa dimanfaatkan untuk semir sepatu darurat. Caranya : gosok-gosokkan bagian kulit yang lembik pada sepatu kulit lalu dijemur. Setelah kering disikat hingga mmengkilap.
Kemudian dengan perlakuan yang sama pada kulit yang gatal-gatal niscaya kulit akan sembuh dari gatal-gatal.

KHASIAT BAWANG PUTIH
Dapat menyembuhkan sakit kepala karena tekanan darah rendah atau tinggi, serta untuk radang otak.
Caranya : anda bisa makan bawang putih segar 1-2 bungkul besar sekaligus sebagai lalap, bisa dimakan dengan gorengan atau makanan lainnya.

DAUN NANGKA OBAT JERAWAT
Caranya : rajang sampai lembut 10 daun nangka yang agak tua, campur dengan segelas air dan asam kawak. Biarkan sampe menjadi adonan kental, kemudian diaduk dan didinginkan. Setiap sore oleskan pada jerawat sampe jerawat matang dan hilang tanpa bekas.

MANFAAT GETAH POHON PISANG
Jika kena air panas atau api, ambil anak pisang yang masih muda, potong dan gunakan getahnya untuk luka bakar atau kena api. Niscaya akan terasa dingin seketika.

MENGHILANGKAN KETOMBE
Caranya : ambil kangkung 2-3 genggam dirajang kecil-kecil lalu direndam dengan air bersih dalam panci biarkan semalam hingga warna air kebiru-biruan. Sapukan air kangkung kekepala sehari 2-3 kali biarkan 15 menit, jika kepala berketombe maka akan terasa perih, tapi beberapa hari kemudian akan sembuh.

MEMBEDAKAN MADU ASLI DAN PALSU
Madu asli bila diteteskan diatas koran tidak basah pada lapisan bawahnya. Bila dimasuki telur, maka telur akan matang.
Begtu sebaliknya pada madu palsu.

MENGUSIR TANAMAN LIAR
Sebarkan garam halus secukupnya didaerah tersebut. Rumpau liar akan mati.

MENGATASI RESLETING MACET
Gosoklah dengan sepotong lilin pada permukaan resleting.

MENGUSIR SEMUT DAN KECOA
Letakkan bekas kaleng minyak tanah dekat pada lubang yang biasanya ditempati-tempat semut atau kecoa keluar masuk.
MANFAAT KULIT POHON WARU
Yaitu : sebagai peluruh batu ginjal.
Caranya : ambil kulit pohon waru 2- 3 genggam atau secukupnya, rebus dengan 1 liter air bersih. Biarkan mendidih sehingga airnya tinggal separoh. Saring dan minum semuanya. Lakukan sampai batu ginjal hancur dan keluar bersama air seni.

KHASIAT DAUN ALPUKAT
Yaitu : untuk melancarkan kencing dan obat kencing batu serta untuk darah tinggi.
Caranya : rebus 5 lembar daun alpukat segar atau kering dengan segenggan daun meniran kering. Rebus dengan 1 liter air biarkan mendidih dan tinggal ½ liter. Minum 3 kali sehari. ( satu gelas sekali minum ).

KHASIAT AKAR CEMARA
Yaitu : untuk sakit cacing (besar) dan sakit wasir.
Caranya : ambil segenggam akar pohon cemara, cuci dan rebus dengan 1 liter air bersih bisa ditambah gula aren dan sedikit garam. Minum pagi dan sore hari satu gelas.

PEMBASMI CACING KREMI
Caranya : cukup air perasan wortel ditambah santan kental dan sedikit garam lalu diminum.
MENCEGAH RAMBUT BERUBAN
Caranya : daun seledri ditumbuk dan diperas. Air dioleskan pada kulit kepala biarkan 3-4 jam baru dicuci dengan sampo. Lakukan 2-3 hari sekali selama satu bulan setiap tahunnya.

MENGHITAMKAN RAMBUT
Caranya: ambil 20-30 daun kembang sepatu ditumbuk dan diperas airnya. Gosokan kulit kepala dan seluruh rambutnya dan biarkan beberapa saat baru bisa keramas. Lakukan beberapa kali tiap bulannya.

CARA MEMBASMI CACING TANAH
Yaitu dengan menaburkan tambakau disekitar tanah yang terindikasi ada cacingnya.

NASI PULEN DARI BERAS JELEK
Caranya : ketika memasak nasi, beri sesendok kecil atau sedang minyak jelantah (untuk 1kg beras), aduk aduk sampai rata.

CARA MENGAWETKAN BERAS
Caranya: masukkan 15 lembar daun jeruk ( paling baik jeruk purut, kalo tdk daun jeruk biasa juga bisa) ditempat penyimpanan beras.

RESEP – RESEP MEMBASMI JERAWAT.
ambil jagung muda, parutlah dan oleskan pada muka yang terkena jerawat disore hari menjelang tidur.biarkan semalam, paginya baru dicuci.
Rebus daun sirih,airnya untuk membasuh muka. Lakukan pagi dan petang.
Segenggam daun jambu klutuk ditumbuk halus. Gosokkan secara merata pada wajah yang jerawatan. Biarkan ½ jam lalu dicuci dengan air hangat.

OBAT KAKI LUMPUH
Daun turi satu genggam, kencur satu genggam, asem hitam satu kelereng dan garam sedikit.
Semua bahan diatas ditumbuk halus
Oles-oleskan ramuan diatas kekaki yang lumpuh sambil dipijat-pijat dari pangkal paha sampai ujung jari kaki.
Lakukan setiap jam 6 pagi dan 6 sore, sampai sembuh.

MANFAAT CACING TANAH
Yaitu bisa menyembuhkan sakit types stadium dini dengan waktu 3-5 hari.
Caranya :
- Secangkir cacing tanah dibakar sampai gosong, trus ditumbuk sampai halus dan campur dengan 1 sendok makan bubuk kopi.
- Buatlah wedang dari kopi cacing ini agak manis ditambah 1 sendok the madu asli.
- Minum selama 3 hari.
- Minum wedang ini haru di tambah dengan air perasan 20 lembar daun sambiloto ( ditumbuk lalu diperas).
- Hindari makanan yang pedas dan keras.
JAGUNG MUDA UNTUK RADANG GINJAL
Caranya : jagung muda yang masih berkulit dan berambut, direbus semua. Air rebusan diminum sebanyak mungkin dan jagungnya dimakan.

MEMBUAT KERIPIK DARI KULIT SINGKONG
Caranya : kulit dikupas kulit luarnya yang kotor. Ambil yang merah jambu keputihan saja.
Cuci bersih kemudian direbus sampai matang.
Setelah agak dingin dijemur sampai agak kering. Baru diberi bumbu bawang putih dan garam lalu digoreng.

RESEP PUNYA SUARA MERDU
Caranya:
- 1 sendok madu, tambah 1 kuning telur ayam kampung, tambah 1 sendok makan air perasan jeruk pecel kemudian diaduk sampai rata terus diberi sedikit garam.
- Semua bahan ditaruh dalam gelas dan diembunkan semalam.
- Pagi hari sebelum makan minum ramuan ini diminum sampai habis. Lakukan selama 14 hari berturut – turut.
-
CARA AMAN MEMBUKA AMPLOP
Caranya : amplop diuapkan diatas air mendidih.

CARA MENCEGAH LALAT DAN NYAMUK
Caranya : untuk ruang tidur dan taplak kasih warna biru. Untuk sprei, baju tidur dan taplak bisa dipilih warna biru muda.
MENGHILANGKAN TAHI LALAT
Caranya : oleskan getah kamboja berulang kali pada tahi lalat. Lakukan setiap hari sampai tahi lalat mengelupas.

KHASIAT EMBUN PAGI
Caranya : setiap subuh pergilah kekebun mencari embun. Dengan kedua telapak tangan usapkan kerumput sehingga tangan basah, lalu usap kemuka yang berjerawat. Lakukan beberapa kali.

MENGOBATI KAKI PECAH-PECAH DENGAN GETAH PEPAYA.
Caranya : oleskan getah pepaya pada kaki yang pecah-pecah, biarkan ½ jam baru dicuci dengan air bersih.

KHASIAT TAPE SINGKONG
Yaitu untuk menyembuhkan luka bagi penderita kencing manis.
Caranya : bersihkan luka dengan air hangat lalu tempelkan tape singkong yang lembek pada luka, balut dengan kain perban. Untuk kencing manisnya bisa disembuhkan dengan minum rebusan ceplukan (batang daun, akar)

MEMBUAT RAMBUT BEROMBAK
Caranya : 25-30 lembar daun waru segar ditumbuk halus, diberi satu gelas air bersih diperas dan disaring. Dioles pada ranbut kepala pagi dan soe hari sampai rambut lebat dan berombak.

MENGHILANGKAN BAU CAT
Caranya : satu gelas air dicampur I sendok makan cuka dan irisan 1 butir bawang merah dalam piring. Taruh diruangan yang baru dicat.

MEMBUAT HAWA LEMARI TETAP SEGAR
Caranya : taruh sayata.-sayatan kulit nanas secukupnya didalam alamari es.

CARA MENAMBAL SENG BOCOR
Yaitu : cairkan busa plastik dengan bensin, kemudian teteskan pada seng yang bocor.
MENGATASI WC YANG MAMPET
Masukkan 5-6 kg garam dapur kedalam lubang wc.

MANFAAT LAIN DARI TEMBAKAU
Bila terkena rangen, tetesi dengan air tembakau biarkan kering tunggu 2 jan.lakukan 2 kali sehari selama 5-6 hari.

OBAT JERAWAT
Yaitu belah jd dua jeruk nipis. Urut-urutkan jeruk tadi kewajah sampai rata.

Semoga bermanfaat buat kita semua.
Daun Sirih

Efek zat aktif yang dikandung seluruh bagian tanaman sirih adalah merangsang syaraf pusat, merangsang daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, merangsang kejang, meredakan sifat mendengkur. Daun sirih memiliki efek mencegah ejakulasi prematur, mematikan jamur Candida albicans, anti kejang, analgesik, anestetik, pereda kejang pada otot polos, penekan pengendali gerak, mengurangi sekresi cairan pada liang vagina, penekan kekebalan tubuh, pelindung hati, dan antidiare.

Tanaman sirih juga diketahui bisa mengatasi batuk, bronchitis, menghilangkan bau badan, mengobati luka bakar, mimisan, bisul, mata gatal dan merah, koreng dan gatal-gatal, menghentikan pendarahan gusi, sariawan, menghilangkan bau mulut, jerawat, keputihan, dan mengurangi produksi air susu ibu yang berlebihan.

Untuk obat batuk, sebanyak 15 lembar daun sirih direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 3/4-nya, minum dengan madu. Obat bronchitis, sebanyak tujuh lembar daun sirih dan gula batu satu potong direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, minum sehari 3 X 1/3 gelas. Menghilangkan bau badan, lima lembar daun sirih direbus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas, minum siang hari.

Obat luka bakar, daun segar diperas airnya, ditambah sedikit madu, bubuhkan di tempat yang luka bakar. Mimisan, daun agak muda satu lembar dilumatkan, digulung untuk menyumbat hidung berdarah. Bisul, daun sirih secukupnya dicuci bersih, digiling menjadi halus, dioleskan pada bisul dan sekelilingnya, dibalut. Sehari diganti dua kali.

Mengatasi mata gatal dan merah, lima sampai enam lembar daun direbus dengan satu gelas air sampai mendidih. Setelah dingin untuk cuci mata dengan memakai gelas air sampai mendidih. Setelah dingin untuk cuci mata dengan memakai gelas cuci mata. Sehari tiga kali sampai sembuh.

Untuk koreng dan gatal-gatal, sebanyak 20 lembar direbus, saat hangat dipakai untuk cuci. Menghentikan pendarahan gusi, daun empat lembar direbus dengan dua gelas air, dipakai untuk kumur. Obat sariawan, daun sirih segar sebanyak satu sampai dua lembar dibersihkan, dikunyah sampai lumat, ampasnya dibuang.

Untuk menghilangkan bau mulut, sebanyak dua sampai empat lembar daun diremas, lalu diseduh, dipakai untuk kumur. Obat jerawat, tujuh sampai 10 lembar daun sirih ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan dua gelas air panas. Airnya dipakai untuk mencuci muka yang berjerawat. Sehari dilakukan dua sampai tiga kali.

Obat keputihan, sebanyak 10 lembar daun direbus dengan 2,5 liter air, hangat-hangat dipakai untuk mencuci liang kemaluan. Untuk mengurangi produksi ASI yang berlebihan, beberapa lembar daun sirih diolesi minyak kelapa, hangatkan di atas api hingga menjadi layu, hangat-hangat tempelkan di seputar payudara yang bengkak.....

Obat Keputihan
Khasiat daun sirih dalam menyembuhkan keputihan pernah diuji secara klinis. Ini diungkapkan oleh Amir Syarif dari Bagian Farmakologi Universitas Indonesia. Ia mengatakan bahwa daun sirih punya khasiat yang lebih bermakna dibandingkan dengan plasebo.
Pengujian melibatkan 40 pasien penderita keputihan yang tidak sedang hamil, menderita diabetes melitus, ataupun penyakit hati dan ginjal. Dua puluh di antaranya mendapatkan daun sirih, sedang sisanya diberi plasebo. Baik daun sirih maupun plasebo itu diberikan pada vagina sebelum pasien tidur selama tujuh hari.
Dari 40 pasien tersebut, 22 orang mendapat pemeriksaan ulang, masing-masing 11 mendapat plasebo dan daun sirih. Hasil pengujian ini membuktikan sekitar 90,9 persen pasien yang mendapat daun sirih dinyatakan sembuh, sedangkan pada kelompok yang diberi plasebo hanya 54,5 persen saja.
Penelitian lain tentang manfaat sirih dilakukan di IPB Bogor. Ir. Nuri Andarwulan, Msi dan kawan-kawan dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB melakukan penelitian untuk memanfaatkan limbah minyak asiri daun sirih untuk memproduksi zat antioksidan. Ekstrak antioksidan tersebut selama ini masih diimpor. Penelitian ini berpotensi menurunkan nilai impor bahan antioksidan. Di samping itu, produk emulsi yang dihasilkan dalam penelitian itu juga dapat dimanfaatkan untuk industri kecantikan.
Sementara itu, di India ada laporan penelitian yang mengatakan daun sirih mempengaruhi kesuburan pria, seperti dilaporkan oleh Indian Journal of Pharmacology. Efek daun sirih terhadap kesuburan laki-laki ini diujikan pada tikus.
Diduga, pemberian ekstrak daun sirih yang mengandung alkohol secara oral pada tikus punya efek antikesuburan. Menurut laporan tersebut pemberian dosis ekstrak yang meningkat menyebabkan terjadinya penurunan jumlah sperma pada tikus.
Di India, penelitian tentang daun sirih ini tidak hanya untuk kesuburan pria saja. Di sana, daun ini sudah diteliti untuk mengobati penyakit asma, bronkitis, rematik, lepra, dan sakit gigi, bahkan juga untuk disfungsi ereksi. Sayangnya, belum banyak penelitian sejenis di Indonesia.

• Mimisan
Ambil daun sirih satu lembar, gulung sambil di tekan agar keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darh
• Diare
Ambil 4 - 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa.
Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. Ulangi sampai sembuh
• Sakit gigi
Pengobatan: Di kumur
1. daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan air rebusan tersebut.
Gunakan air rebusan untuk berkumur. Diulang secara teratur sampai sembuh.
2. Ambil 2 lembar daun sirih yang telah diremas, garam secukupnya.

Caranya, bahan tersebuh diseduh dengan air panas sebanyak 1 gelas, kemudian aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Air tersebut digunakan untuk berkumur.
• Alergi
Pengobatan: luar, di oleskan pada bagian yang gatal
Bahan: 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih.

Caranya, semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus, kemudian digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.
• Bronkhitis
Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu.

Caranya, daun sirih dirajang halus, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.
• Keputihan
Ambil 7 - 10 lembar daun sirih.

Caranya, daun sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.
Zat Antiseptik Tinggi
Secara tradisional, tanaman yang berasal dari India, Sri Lanka, dan Malaysia ini dipakai untuk mengatasi bau badan dan mulut, sariawan, mimisan, gatal-gatal dan koreng, serta mengobati keputihan pada wanita. Ini karena tanaman obat yang sudah dikenal sejak tahun 600 SM ini mengandung zat antiseptik yang mampu membunuh kuman. Kandungan fenol dalam sifat antiseptiknya lima kali lebih efektif dibandingkan dengan fenol biasa.
Biji Nangka
Umumnya daging buah nangka dimakan sementara bijinya dibuang. Berdasar uji laboratorium, kandungan fosfor dan kalsium susu biji nangka lebih tinggi daripada susu kedelai. Sementara kadar lemaknya, justru lebih rendah. Biji nangka ternyata punya banyak manfaat. Ampas saringan biji nangka pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kue.
Biji nangka gampang didapat di pasaran. Harganya pun terbilang murah, yakni sekitar Rp 2.000 per kilogram. Susu biji nangka hampir sama dengan susu kedelai. Cara pembuatannya sebagai berikut:
• 1. Biji nangka direndam selama 12 jam, hingga kulitnya terkelupas.
• 2. Biji nangka direbus sampai empuk.
• 3. Diblender dan disaring.
• 4. Direbus kembali kemudian ditambah madu sesuai selera.
Dalam setiap 100 gram biji nangka mengandung:
• karbohidrat 18,74 gram
• protein 0,29 gram
• lemak 0,23 gram
• kalsium 39,39 mg
• kadar air 80,74 gram
• kalori 74,96 kkal
• fosfor 400 mg
Biji nangka yang sudah tua dari varietas nangka kuning dapat menghasilkan susu yang terbaik.

Buah nangka mempunyai rasa yang sedap serta boleh di makan secara mentah atau dibuat jem, jeli, acar, dodol, pengat dan juga ditinkan.
Selain isi, biji nangka juga secara tradisionalnya mempunyai pelbagai khasiat dari segi kesihatan .
la boleh direbus atau dihancurkan menjadi tepung sebelum dicampurkan dengan air untuk diminum bagi mengubati penyakit hempedu.
Biji nangka juga boleh direbus dan dimakan sebagai pelawas kencing, dan buang angin.
Keunggulan utama nangka masak dibandingkan nangka muda dan biji nangka adalah memilk kadar vitamin A yang tinggi, yaitu 330 SI per 100 g daging buah. Vitamin A berperan dalam menjaga agar kornea mata selalu sehat. Mata yang normal biasanya mengeluarkan mukus, yaitu cairan lemak kental yang dikeluarkan sel epitel mukosa, sehingga membantu mencegah terjadinya infeksi.

Namun, bila kekurangan vitamir A, sel epitel akan mengeluarkan keratin, sel-sel membran akan kering dan mengeras. Keadaan tersebut dikenal dengan istilah keratinisasi. Keadaan tersebut bila berlanjut akan menyebabkan, penyakit xeroftalmia, yang bila tidak diobati akan menjadi buta.
Biji nangka merupakan bahan yang sering terbuang setelah dikonsumsi walaupun ada sebagian kecil masyarakat yang mengolahnya untuk dijadikan makanan misalnya direbus atau dibakar dan digunakan sebagai makanan ternak padahal banyak terdapat kandungan zat yang bermanfaat didalam biji nangka tersebut.
Bahan yang umum diolah menjadi keripik adalah daging buah nangka karena rasanya yang manis sedangkan biji tidak dimanfaatkan dengan optimal atau menjadi limbah, biasanya pemilik pabrik membuang atau menanam kembali biji nangka tersebut dilahannya. Hal itu sangat disayangkan karena biji nangka yang terdapat dalam buah nangka belum dimanfaatkan secara maksimal, padahal biji nangka memiliki beberapa kandungan yang dapat dimanfaatkan, diantaranya adalah kandungan pati, protein, lemak dan lainnya.
Untuk menambah kegunaan biji nangka dapat dimanfaatkannya menjadi bahan baku pembuatan aneka macam makanan yang mempunyai kandungan gizi yang cukup banyak. Sehingga biji nangka yang tadinya belum dimanfaatkan dapat diubah menjadi produk yang bernilai ekonomis.Salah satunya biji nangka diolah menjadi keripik.
Berdasarkan kondisi bahwa banyak biji nangka yang belum dimanfaatkan secara optimal padahal biji nangka mempunyai nilai gizi yang baik maka biji nangka tersebut diolah menjadi keripik.Selain mengoptimalkan manfaatnnya sekaligus menambah nilai ekonomis biji nangka tersebut.

Minuman yang dibuat Agatha dan Siti adalah susu dari biji nangka. Itu mereka ketahui setelah melakukan sejumlah riset. Cara membuatnya juga sederhana. Pertama biji nangka direndam selama 12 jam hingga kulitnya terkelupas.
Lalu biji nangka direbus hingga empuk, diblender, dan disaring. Air sarinya ditambah gula atau penambah rasa lain sesuai selera. Setelah matang baru susu biji nangka siap disajikan, baik hangat maupun dingin.
Harga biji nangka relatif murah, yakni sekitar Rp 2.000 setiap kilogram. Berdasarkan uji laboratorium, kandungan kalsium susu biji nangka lebih tinggi daripada susu kedelai. Sementara kadar lemaknya justru lebih rendah. Selain itu, ampas saringan biji nangka juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kue. Tertarik mencoba di rumah? (ULF)

Pembuatan tempe biji nangka dimulai dengan mengupas dan merendam biji nangka selama 24 jam. Setelah itu, biji nangka dipotong-potong dan direbus hingga lunak. Rebusan tersebut kemudian ditiris dan didinginkan.

Setelah dingin, biji nangka yang telah matang dicampur dengan ragi hingga rata. Perlu diingat, peragian harus menggunakan rasio yang tepat agar tidak membuat biji nangka terlalu lembek sehingga tidak layak konsumsi. Takaran yang pas adalah, seperempat kilogram biji nangka membutuhkan setengah sendok teh ragi tempe.

Jika adonan tempe biji nangka telah tercampur rata dengan ragi, langkah selanjutnya adalah membungkus adonan tersebutmenggunakan daun pisang. "Penggunaan daun pisang dimaksudkan mengurangi limbah plastik yang tidak dapat terurai, serta menekan laju pemanasan global

1. Daun untuk menyembuhkan kanker.
2. Daun digunakan sebagai terapi anti-diabetes (pengobatan ayurveda India).
3. Daun pohon nangka juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI, borok (obat luar), dan luka (obat luar).
4. Biji nangka digunakan sebagai obat batuk dan tonik.
5. Buah nangka yang mengandung kalium cukup besar berguna mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi.
6. Getah kulit kayu juga telah digunakan sebagai obat demam, obat cacing dan sebagai anti-inflamasi.
7. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, fosfor, dan mineral lainnya seperti zat besi sangat baik sebagai anti-oksidan, anti-kanker, untuk memperkuat tulang dan gigi, dan melancarkan pencernaan.
8. Nangka juga dikenal dapat membantu menyembuhkan bisul dan gangguan pencernaan.
9. Bioaktivitas nangka terbukti secara empirik sebagai anti-kanker, anti-virus, anti-inflamasi, diuretil, dan anti-hipertensi.
Karena nangka berkhasiat untuk mempertahankan ketahanan dan kesehatan tubuh melalui peremajaan sel, orang yang sehat pun disarankan mengkonsumsi air daun nangka dan buah nangka.
Agar Anda mendapatkan gambaran lengkap mengenai khasiat sirsak dan nangka, terutama untuk menyembuhkan pasien kanker (termasuk kista dan tumor)

Untuk mengobati kanker, kuncinya adalah sirsak, yang tidak hanya lebih dahyat dari kemoterapi kanker, tapi juga mencegah banyak penyakit, termasuk diabetes. Kalau perlu ketimbang minum teh atau kopi lebih baik minum teh daun sirsak. Nggak usah rumit-rumit buat resep segala. Jadikan kebiasaan minum minuman ini. Minum tiap hari dan kapan saja. Bukan hanya daun sirsak tapi juga akar dan kulit batang berkhasiat membunuh sel-sel kanker. Presiden Paraguay Fernando Lugo bilang dia minum tidak kenal waktu dan ukuran. Untuk meremajakan sel, konsumsi juga air daun nangka.

Dalam setiap 100 gram biji nangka mengandung:
• karbohidrat 18,74 gram
• protein 0,29 gram
• lemak 0,23 gram
• kalsium 39,39 mg
• kadar air 80,74 gram
• kalori 74,96 kkal
• fosfor 400 mg
Biji nangka yang sudah tua dari varietas nangka kuning dapat menghasilkan susu yang terbaik.

Biji nangka merupakan sumber karbohidrat (36,7 g/100 g), protein (4,2 d/100 g), dan energi (165 kkal/100 g), sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang potensial. Biji nangka juga merupakan sumber mineral yang baik. Kandungan mineral per 100 gram Biji nangka adalah fosfor (200 mg), kalsium (33 mg), dan besi (1,0 mg). Selain dapat dimakan dalam bentuk utuh, biji nangka juga dapat diolah menjadi tepung. Selanjutnya dari tepungnya dapat dihasilkan berbagai makanan olahan.
*
Maka, mulai Mei lalu, kedua remaja ini pun mulai mengumpulkan biji nangka. Mereka hendak bereksperi-men membuat susu nangka sebagai pengganti susu kedelai. Dalam satu bulan, ternyata mereka berhasil membuat susu yang tak kalah kandungan gizinya dengan kedelai. Kandungan nutrisinya pun diklaim lebih banyak dibanding susu sapi dan kambing.
*
biji nangka dengan cara diblender. Biji nangka yang sudah direbus dikupas kulit arinya. Tampak bagian dalam biji nangka yang berwarna putih. Sebelum direbus selama sepuluh menit dengan api sedang, biji nangka direndam sehari semalam. Kemudian biji itu dihaluskan dengan blender, disaring, dan dimasak dengan ditambah gula dan vanili. Tak berapa lama, sari biji nangka siap saji. Hasil percobaan pertama, "Masih ada rasa seperti getah dan kurang manis," kata Sri Darwati.
Rupanya, waktu merebus biji nangka masih terlalu singkat. "Akhirnya kami tahu merebusnya selama 20 menit dengan api sedang," kata Agata. Percobaan kedua dan ketiga pun dilakukan, dan hasilnya sari biji nangka sudah enak untuk dikonsumsi. Biji nangka yang digunakan bisa dari semua jenis. Tapi, untuk hasil terbaik, sebaiknya dipilih dari biji nangka yang sudah tua dari varietas nangka kuning. Yang harus diingat, merebus sari nangka harus sabar agar rasanya tidak berubah atau hangus. Selain itu, sebaiknya jangan memberi terlalu banyak gula karena kadar karbohidrat sari biji nangka sudah tinggi.
Sari biji nangka berwarna putih kecokelatan dan rasanya mirip sari kedelai. Hanya teksturnya terasa lebih kasar. Soal komposisi gizi tidak kalah dengan kedelai dan susu sapi. Bahkan ada kandungan gizi yang melebihi keduanya. Seperti kalori sebagai penghasil energi, dan fosfor untuk tulang dan gigi. "Biji nangka adalah sumber karbohidrat," kata Made Astawan, pakar gizi Institut Pertanian Bogor. Kandungan lemaknya lebih rendah, cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Seperti sari kedelai, sari biji nangka tahan 2-3 hari tanpa masuk lemari pendingin. Sedangkan jika dimasukkan ke kulkas, bisa tahan seminggu.
Pilihan membuat susu diambil karena kebutuhan asupan gizi masyarakat yang semakin tinggi. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya kesadaran terhadap perlunya nutrisi, harga susu sapi terus melonjak. Harga susu sapi segar siap minum kini mencapai Rp 10 ribu. Susu kedelai, yang lebih murah harganya, yang seharusnya menjadi alternatif pengganti susu sapi, juga kian melangit harganya, bahkan mendekati susu sapi. Ini disebabkan sebagian kedelai diimpor, sedangkan produksi kedelai lokal menurun. Walhasil, susu biji nangka diharapkan menjadi penyempurna makanan sehat keluarga.
Khasiat kunyit & temulawak.
Kunyit adalah bahan alami yang dapat dijadikan pengobatan tradisional. Pada kesempatan berikut ini kami berikan tips membuat ramuan untuk pengobatan diabets, keputihan dan tifus menggunakan kunyit.

DIABETES MELITUS
Bahan :
- 3 rimpang kunyit
- 1/2 sendok teh garam
- 1 liter air
Kunyit dicuci bersih dan potong kecil-kecil lalu rebus sampai mendidih. Setelah ingin saring. Minnum 2x seminggu masing-masing 1/2 gelas. Lakukan selama 20 hari berturut-turut.

KEPUTIHAN
bahan :
- 2 rimpang kunyit
- 1 genggam daun beluntas
- 1 buah asam
- 1 potong gula kelapa/aren
- 1 liter air
Cuci bersih semua bahan. Kunyit dipotong kecil-kecil, rebus dan tambahkan gula kelapa/aren dan biarkan sampai mendidih. Setelah dingin saring dan minum 1 gelas sehari, lakukan 10 hari berturut-turut.

TIFUS
Bahan :
- 2 rimpang kunyit
- 1 bonggol sere
- 1 lembur daun sambiloto
- 1 gelas air hangat
Setelah dicuci bersih, tumbuk halus semua bahan tersebut. Tambahkan air hangat dan saring. Setelah dingin, minum 1 gelas/hari dan lakukan selama 1 minggu berturut-turut.

Berikut manfaat dan cara penggunaan kunyit untuk obat:
1. Memperlancar ASI
Bahan: 1 rimpang kunyit
Cara membuat: kunyit ditumbuk sampai halus
Cara menggunakan: dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari.
2. Cangkrang (Waterproken)
Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng,
Cara Membuat: semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus
Cara menggunakan: dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.
3. Amandel
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu
Cara membuat: Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk sampai merata dan disaring
Cara menggunakan:diminum secara rutin 2 hari sekali.
4. Berak lendir
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.
5. Morbili
Bahan: 1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle
Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus
Cara menggunakan:dioleskan pada seluruh badan sebagai bedak
6. Diabetes mellitus
Bahan: 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok the garam
Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.
7. Tifus
Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto
Cara membuat: Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring.
Cara mengunakan: diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.
8. Usus buntu
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya.
Cara membuat: Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring.
Cara menggunakan:diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur.
9. Disentri
Bahan: 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring.
Cara menggunakan:diminum dan diulangi sampai sembuh.
10. Sakit Keputihan
Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren.
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring.
Cara menggunakan:diminum 1 gelas sehari.
11. Haid tidak lancar
Bahan: 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok Teh ketumbar, 1/2 sendok Teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading.
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring
Cara menggunakan: diminum 1 gelas sehari.
12. Perut mulas pada saat haid
Bahan: 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm
Cara membuat: semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring.
Cara menggunakan: ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid.

Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) merupakan tumbuhan tahunan yang hidup merumpun dan berbatang semu berupa gabungan beberapa pangkal daun yang terpadu. Tiap batang memiliki 2-9 helai daun, bunganya berukuran pendek dan lebar, warna putih atau kuning tua dan pangkal bunga berwarna ungu
Tumbuhan ini dapat berbunga terus-menerus sepanjang tahun secara bergantian yang keluar dari rimpangnya. Rimpang induk dapat memiliki 3-4 buah rimpang. Warna kulit rimpang cokelat kemerahan atau kuning tua, sedangkan warna daging rimpang oranye tua atau kuning. Rimpang temulawak terbentuk di dalam tanah pada kedalaman sekitar 16 cm. Tiap rumpun umumnya memiliki 6 buah rimpang tua dan 5 buah rimpang muda.

Temulawak berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi beraneka macam penyakit. Berbagai khasiat dari temulawak, antara lain, gangguan lever, mencegah hepatitis, meningkatkan produksi cairan empedu, membantu pencernaan, mengatasi radang kandung empedu, radang lambung dan gangguan ginjal.
Selain itu, temulawak juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi, anemia/kurang darah, melancarkan peredaran darah, gumpalan darah, malaria, demam, campak, pegal linu, rematik, sakit pinggang, peluruh haid, keputihan, sembelit, ambeien, menambah nafsu makan, batuk, asma, radang tenggorokan, radang saluran nafas, radang kulit, eksim, jerawat, meningkatkan stamina, radang kandung empedu dan batu empedu.

1. Untuk gangguan lever, gunakan 25 gr temulawak dan 30 gr daun serut/mirten direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum selagi hangat.

2. Pada radang sendi, rematik, pegal linu, ambil 25 gr temulawak berikut 20 gr jahe merah direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

3. Untuk peluruh haid, gunakan 25 gr temulawak diblender dengan air secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum.

4. Bila sakit radang kandung empedu, gunakan 30 gr temulawak diiris-iris lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

5. Untuk mengatasi batu empedu, gunakan 25 gr temulawak, 30 gr meniran dan gula aren secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

6. Menurunkan kadar kolesterol tinggi, gunakan 20 gr temulawak kering ditumbuk halus lalu diseduh dengan air panas secukupnya dan diminum hangat-hangat.

7. Mengatasi masalah radang lambung, gunakan 30 gr temulawak dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

8. Mengobati batuk dan radang saluran nafas, gunakan 25 gr temulawak diparut, tambahkan air matang secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan air perasan 1 buah jeruk nipis, kemudian diminum.

9. Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.

Lakukan resep ini dua kali sehari secara teratur. Sedangkan, untuk penyakit berat/serius disarankan untuk tetap konsultasi ke dokter.

Penyakit yang bisa disembuhkan dengan kunyit antara lain:
1. Diabetes mellitus
Bahan:
3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam
Cara membuat :
Rebus kunyit dan garam dengan I liter air sampai mendidih, setelah itu saring
Cara menggunakan:
Minum 2 kali seminggu 1/2 gelas.
2. Tifus
Bahan:
2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto
Cara membuat:
Tumbuk semua bahan sampai halus dan dipipis, tambahkan 1 gelas air masak yang masih hangat kemudian saring.
Cara mengunakan:
Lakukan 1 minggu berturut-turut.
3. Usus Buntu
Bahan:
1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya.
Cara membuat:
Parut kunyit dan peras jeruk nipis, kemudian campur dengan bahan yang lain dan sedu dengan 1 gelas air panas, kemudian saring.
Cara menggunakan :
Diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur.
4. Disentri
Bahan:
1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya
Cara membuat:
Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal I gelas dan kemudian saring.
Cara menggunakan:
Minum secara rutin sampai sembuh.
5. Sakit Keputihan
Bahan:
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren.
Cara membuat :
Rebus semua bahan dengan 1 liter air hingga mendidih,kemudian saring
Cara menggunakan:
Minum 1 gelas sehari.
6. Menstruasi tidak lancar
Bahan:
2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok Teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading.
Cara membuat:
Tumbuk semua bahan hingga halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih,kemudian saring
Cara menggunakan:
Minum 1 gelas sehari.
7. Perut Mulas pada saat Haid
Bahan :
1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm
Cara membuat :
Cuci bersih semua bahan kemudian parut, ambil airnya kemudian tambah dengan perasan jeruk nipis, seduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring.
Cara menggunakan :
Tambahkan garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid.
8. Memperlancar ASI
Bahan:
1 rimpang kunyit
Cara membuat:
Tumbuk kuyit sampai halus
Cara menggunakan:
Oleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari.
9. Cangkrang (Waterproken)
Bahan:
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng,
Cara Membuat:
Tumbuh semua bahan hingga halus
Cara menggunakan:
Oleskan pada bagian yang kena cangkrang.
10. Amandel
Bahan :
1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu
Cara membuat :
Parut kunyit, peras jeruk nipis dan ambil airnya, campur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat aduk sampai rata dan saring
Cara menggunakan :
Minum secara rutin 2 hari sekali.
11. Berak Lendir (Disentri)
Bahan :
1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih
Cara membuat :
Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian saring.
Cara menggunakan :
Minum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

Menggali Manfaat Lain
Hingga kini, telah banyak studi yang dilakukan untuk mencoba mereguk manfaat lain dari umbi berharga ini. Studi yang tengah gencar dilakukan adalah untuk melihat manfaat kurkumin sebagai antitumor guna mengobati penyakit kanker. Sejumlah laporan menunjukkan, kurkumoid termasuk kurkumin memiliki aktivitas kemopreventif dan kuratif melawan kanker. Studi tersebut umumnya dilakukan pada hewan percobaan dengan rute pemberian berbeda dan diuji dengan sistem in vitro. Namun sedikit studi juga telah mulai dilakukan belakangan ini pada manusia.
Manfaat lain yang juga tengah diincar dari kurkumin adalah penghambatan replikasi human immunodeficiency virus (HIV). Sebuah studi menunjukkan, kurkumin menghambat tahap fusion sel virus pada siklus replikasi HIV. Berbagai studi terus dilakukan untuk mencari titik terang. Jika semua terbukti secara klinis, maka tanaman yang mengandung kurkumin akan semakin kaya manfaat. Dan Indonesia tentu akan turut berbahagia, karena tanaman itu adalah asli dari Bumi Pertiwi.
Kacang Hijau
Tidak seperti sayur lain, semakin lama direbus, khasiatnya akan berkurang. Kacang hijau justru tidak terpengaruh oleh panas. Tidak hanya lezat rasanya, khasiatnya pun beragam. Salah satunya adalah meningkatkan gairah seksual.

Tahan Panas
Menurut Ir I.G.A. Ari Agung M., dosen Program Studi Teknologi Pangan dan Gizi Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gram kacang hijau antara lain, 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak, dan sisanya berupa vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral fosfor, zat besi, dan mangan.

Ternyata, selain mengandung berbagai vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya, kacang hijau juga bisa membantu menyembuhkan penyakit. Berbagai penyakit maupun gangguan yang bisa diatasi dengan mengasup kacang hijau antara lain beri-beri, radang ginjal, melancarkan pencernaan, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol, pestisida, timah hitam, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC paru-paru, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dan lain-lain.

Selain itu, kacang hijau juga bisa menurunkan demam. Bahkan menurut hasil penelitian, kacang hijau adalah penurun demam terbaik bila dibandingkan dengan ramuan tradisional lainnya.

Hebatnya lagi, biar direbus lama, sampai hancur, kacang hijau tetap berkhasiat, tidak terpengaruh dengan panas. Berbeda dengan kacang, sayur, buah, dan bahan ramuan tradisional lainnya yang bila direbus terlalu lama, akan menurunkan khasiat pengobatannya.

Aneka ramuan kacang hijau
Ada banyak macam penyakit yang bisa dibantu penyembuhannya dengan mengasup kacang hijau. Berikut ini beberapa ramuan kacang hijau yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Dari berbagai sumber ramuan-ramuan ini diambil, salah satunya dari Drs. Didik Gunawan, Apt. S.U., dosen pada Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

* Peluruh kencing
Bahan:
- 30 gram kacang hijau
- 30 gram daun sendok
- 400 cc air
- madu secukupnya
Cara Membuat:
Rebus kacang hijau dengan daun sendok dalam air 400 cc. Masaklah ramuan dalam periuk tanah sampai matang. Sesudah dingin, tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini secara teratur sampai kencing tidak tersendat-sendat lagi.

* Sakit perut
Bahan:
- 60 gram kacang hijau mentah
- 15 biji merica
- 3 gram kayu manis
- 3 gram pala
- 3 gram kapulaga
- 3 gram cengkeh
- 2 ruas jahe
- 1 liter air
Cara Membuat
Rebus kacang hijau, merica, kayu manis, pala, kapulaga, cengkih, dan dua ruas jahe dengan satu liter air. Panaskan sampai larutan menjadi 1/2 liter. Setelah dingin, minumlah air rebusan tersebut.

* Biang keringat anak-anak
Bahan:
- 60 gram kacang hijau
- 50 gram tanaman krokot
- air secukupnya
Cara Membuat:
Giling atau tumbuk kacang hijau sampai menjadi bubuk. Rebus bubuk kacang hijau bersama krokot dengan air secukupnya. Setelah matang, saring, lalu minumlah tiga kali sehari.

* Bisul
Bahan:
- 50 gram kacang merah
- 50 gram kacang hijau
- 50 gram kacang hitam
- 2 ruas jahe
- madu secukupnya
Cara Membuat
Rebus kacang merah, kacang hijau, dan kacang hitam bersama-sama. Sementara itu, jahe direbus tersendiri. Setelah itu, air rebusan jahe dicampurkan ke rebusan kacang-kacangan tersebut. Ramuan ini hanya untuk bisul yang belum matang. Kalau bisul sudah matang, harus ditambahkan lagi madu.

* Meningkatkan gairah seksual pria
Bahan:
- 30 gram kacang hijau
- 2 ruas jahe
- 15 gram merica
- 15 gram adas
- 15 gram pulosari
- 15 gram kucai
- 15 gram biji paria
- 15 gram biji ketumbar
- 600 cc jahe
Cara Membuat
Rebus kacang hijau bersama-sama jahe, merica, adas, pulosari, biji kucai, biji paria, dan biji ketumbar dengan air 600 cc. Biarkan hingga air menjadi 300 cc. Setelah dingin, minum teratur sampai terbukti khasiatnya.

* Rambut rontok
- segenggam kacang hijau
- satu gelas belimbing air
Cara Membuat
Kacang hijau direbus dengan air. Perhatikan saat merebus jangan sampai kacangnya pecah. Setelah tampak agak matang dan tidak pecah, segera angkat wadah untuk merebus. Setelah dingin, air rebusan kacang hijau ini digunakan untuk membasahi kulit kepala sembari dipijat. Biarkan kering, baru keramas.
* Maag
Bahan
- 1/4 kg kacang hijau
- air hangat secukupnya
Cara Membuat
Kacang hijau dijemur sampai kering lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu, ambil satu sendok makan bubuk kacang hijau. Seduhlah dengan air hangat sebanyak satu gelas secukupnya. Setelah itu minum secara teratur sehari sekali.

* Varises
Bahan:
- segenggam kacang hijau
- 2 gelas air
Cara Membuat
Kacang hijau direbus dengan dua gelas air. Biarkan sampai air susut kira-kira sebanyak satu gelas. Minum rebusan ini dua kali sehari, pagi dan menjelang tidur. Sementara minum ramuan tersebut, Anda juga mesti melakukan hal berikut ini. Saat akan tidur, angkat kaki dan tempatkan di tempat yang lebih tinggi dari kepala. Diamkan selama 10 menit. Lakukan posisi seperti ini setiap hari sembari minum rebusan kacang hijau.

* Bayi demam
Bahan:
- segelas belimbing kacang hijau
- satu sendok makan madu
Cara Membuat
Buatlah rebusan kacang hijau. Minumkan atau suapkan air rebusan kacang hijau pada bayi Anda sesendok demi sesendok. Sebelumnya masukkan sesendok makan madu pada kacang hijau yang telah ditaruh dalam gelas.
* Sakit kepala
Bahan
- 1 cangkir kacang hijau
- 3 gelas air
Cara Membuat:
Kacang hijau dicuci lalu direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Biarkan selama 15 menit. Dalam keadaan suam-suam kuku, airnya diminum dan kacangnya dimakan dua kali sehari.

* Sariawan, beri-beri
Minumlah kacang hijau setiap pagi. Kandungan vitamin air kacang hijau mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kehangatannya bisa menyejukkan mulut dan tenggorokan.

Ada banyak mitos mengenai kesuburan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi kacang hijau dapat meningkatkan kesuburan pasangan suami dan istri. Tak salah memang, tapi apakah Anda mengetahui kandungan kacang hijau yang sebenarnya ?

Kacang hijau atau Phaselous Aureus berasal dari famili Leguminosease atau polong-polongan. Kacang hijau memiliki nutrisi penting, seperti sumber mineral (kalsium dan fosfor) yang bermanfaat untuk memperkuat tulang, kandungan asam lemak tak jenuh yang aman dikonsumsi, khususnya bagi mereka yang memang menderita obesitas untuk menurunkan berat badan.

Kacang hijau juga mengandung protein sebanyak 24%, sehingga alternatif terbaik untuk memperoleh protein selain dari ikan adalah dari kacang-kacangan, termasuk kacang hijau.

Bagi orang yang kekurangan vitamin B1, dapat mengonsumsi kacang hijau. Vitamin B1 merupakan bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi eneergi. Tanpa vitamin B1, tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat. Selain itu, orang yang kekurangan vitamin B1 akan muncul gejala gangguan mood, sulit berkonsentrasi, dan mudah lelah.

Vitamin B2 yang terkandung pada kacang hijau dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Antioksidan yang ada di kacang hijau sangat baik untuk mencegah penuaan dini dan mencegah penyebaran sel kanker, dan tentu saja kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.

Anda dapat banyak menjumpai produk berbahan dasar kacang hijau, mulai dari bubur, es, jus, puding, hingga makanan tradisional seperti bakpia. Sehingga Anda tidak bosan mengonsumsi kacang hijau, variasikan jenis olahan kacang hijau. mr-mediaindonesia.

Lemak kacang hijau tersusun dari 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan. Awalnya vitamin B1 dikenal sebagai anti beri-beri, selanjutnya dibuktikan bahwa vitamin B1 juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan.

Defisiensi vitamin B1 dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pada pertumbuhan tubuh dapat diperbaiki.

Dengan mengkonsumsi kacang hijau maka akan membantu meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan, karena secara tidak langsung, peran tersebut sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa defisiensi vitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat yang engindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan sehingga kemungkinan besar makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik.


SUMBER ENERGI

Kacang hijau juga dapat dijadikan sebagai sumber energi karena mengandung vitamin B1. Vitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiran vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.

Kacang Hijau dapat memaksimalkan kerja syaraf yang terganggu akibat oksidasi karbohidrat yang terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Hal itu mirip dengan tanda-tanda orang yang sedang stress.

Kacang hijau juga mengandung vitamin B2 yang membantu penyerapan protein di dalam tubuh . Salah satu teori menyebutkan bahwa vitamin B2 dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.

Tidak kalah dengan kacangnya, kecambah kacang hijau juga memiliki manfaat antara lain:
• Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
• Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.
• Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. karena bersifat alkalis (basa).
• Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskankulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh
Manggis
………Jika anda memahami apa yang saya pahami, anda pasti membawa manggis kemanapun anda pergi……………….

Kulit Buah Manggis Mengandung Antioksidan Super
Selain nangka-nangkaan, komoditas buah yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan adalah manggis yang popular sebagai queen of fruits. Dr. Berna Elya, periset jurusan Farmasi Universitas Indonesia mengungkapkan bahwa manggis sebagai antioksidan. Menurut dr. Paulus Wahyudi Halim, dokter sekaligus herbalis di Tangerang, Banten, antioksidan ‘menangkap’ radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat.
Disebut radikal bebas lantaran atom atau kelompok atom itu memang dalam keadaan bebas alias tidak terikat dengan gugus lain. Radikal bebas mempunyai elektron yang tak berpasangan. Jika diibaratkan radikal bebas mirip orang jahat, belum berpasangan, tangan tak terikat sehingga usil mengambil gambar orang. Faktanya radikal bebas memang menangkap molekul hydrogen, asam lemak, logam berat yang pada akhirnya memicu beragamnya penyakit degeneratif.
Antioksidan itu bagai orang baik yang menangkap si jahat tadi setelah melepas molekul. Pada kulit manggis, ‘orang baik hati’ itu bernama XANTHONE. Kadarnya mencapai 123.97 mg per 100 ml. Turunan antioksidan itu antara lain 3-isomangostin, alphamangostin, gammamangostin dan garcinone A.
Nama Garcinone A mudah ditebak, nama dari genus pohon asal Kalimantan itu, Garcinia mangostana. Itu mengabadikan nama ahli botani dari Perancis Laurent Garcin.
Khasiat XANTHONE bukan sekedar antioksidan, tetapi juga antikanker seperti hasil riset Moongkarndi. Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Mahidol itu menguji XANTHONE dalam riset praklinis dengan SKBR3 alias kultur sel kanker payudara manusia. Hasilnya? Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis atau mendukung penghancuran sel kanker.
Chi Kuan Ho dari Veterans General Hospital dari Taipei mengungkapkan bahwa turunan XANTHONE mujarab mengatasi sel HCCs hepatocellular carcinomas atau kanker hati. Turunan XANTHONE itu adalah Garcinone E. Kami menyarankan bahwa Garcinone E mungkin berpotensi untuk digunakan dalam perawatan beberapa tipe kanker yang berhubungan dengan pencernaan dan paru-paru.

KHASIAT BUAH MANGGIS :
1. MENYEMBUHKAN DAN MENCEGAH KANKER:
Sekarang ini sedang dilakukan penelitian yang tidada henti tentang khasiat buah manggis terhadap penyakit-penyakit kanker. Hasil penelitian sementara, ekstrak yang terdapat pada buah manggis dapat mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita leukimia, menahan laju perkembangan sel pada kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker usus.
2. MENCEGAH PENYAKIT YANG MEMATIKAN
Buah ini berkhasiat mengatasi penyakit yang dianggap berbahaya seperti diabetes, kanker, arthritis, Alzheimer, penyakit jantung, dan lainnya. Buah manggis memiliki kandungan zat xanthones yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang mematikan seperti di atas.
3. MENGURANGI BERAT BADAN:
Masalah kegemukan terjadi karena membran sel dalam tubuh kita mudah membesar dan mengeras. Dan ini bisa diatasi oleh zat xantohnes yang terdapat dalam buah manggis. Zat tersebut melunakkan kembali sel-sel, dan dengan cepat mengubah zat makanan menjadi energi. Kondisi ini membuat kita menjadi lebih sehat dan pada saat yang bersamaan bisa mengatasi kegemukan.
4. MENGHILANGKAN RASA SAKIT:
Buah manggis juga berkahsiat mengurangi atau menghilangkan rasa sakit. Seorang dokter di Amerika Serikat mengaku mengganti obat-obatan penghilang rasa sakit yang diderita di lehrnya dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin.
5. MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG:
Penyakit jantung dan arteriosclerosis terjadi karena pembuluh darah di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Dan buah manggis bisa memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah melalui antimikorbial dan antioksidan yang dimiliki buah tersebut. Setelah pembuluh di sekitar jantung sehat dan kuat, maka risiko terhadap serangan penyakit jantung berkurang.
6. MELAWAN RADIKAL BEBAS:
Buah manggis mengandung catechins yang terbukti lebih efektif dan lebih berdaya guna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Do0kter Frederc Templeman yang menulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” menyarankan bahwa mengkonsumsi buah manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandingkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan.
7. MENGURANGI TEKANAN DARAH TINGGI:
Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah, dan ini beresiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Buah manggis bisa mengatasi hal trersebut, terutama untuk menormalkan berat badan.
8. MEMELIHARA PENCERNAAN:
Semakin berumur manusia, maka secara alamiah semakin berkurang zat asam di dalam perut. Kondisi ini meningkatkan bakteri di dalam perut sehingga menimbulkan penyakit diare, kemampuan usus menyerap makanan semakin berkurang, dan kelebihan gas. Gejalan-gejala seperti ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis. Xanthones berkhasiat mengatasi kelebihan bakteri, dan mendyeimbangkan kembali kerja perut.
9. MENJAGA SALURAN KENCING
Secara alamiah sesuai dengan bertambahnya usia, kemampuan otot-otot pinggul pada wanita akan menurun. Dan kondisi ini berpengaruh pada saluran kencing. Demikian juga dengan pria yang akan mengalmi pembesaran prostat sesuai dengan bertambahanya usia. Hal ini sering menimbulkan infeksi karena bakteri-bakteri yang tidak berguna tidak bisa dikeluarkan secara menyeluruh melalui saluran kencing.
Zat xanthones yang ada pada buah manggis termasuk zat yang mengaktifkan antibakteri.
10. MENGATASI GANGGUAN PERNAPASAN:
Salah satu keajaiban zat pembunuh bakteri xanosthen yang terdapat pada buah manggis adalah mengatasi gangguan pernapasan.
11. MENYEMBUHKAN ASMA:
Asama tergolong penyakit mematikan akibat kerusakan sistem pernapasan. Buah manggis menjadi obat alternatif yang ideal untuk menyembuhkannya karena memiliki kemampuan melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergis.
12. MENGOBATI DAN MENCEGAH DIABETES:
Salah satu penyakit kronis yang banyak diderita manusia adalah diabetes. Dan untuk membantu proses penyembuhan disarankan mengkonsumsi buah manggis yang mengandung zat-zat yang menormalkan tekanan darah, memulihkan energi, dan zat yang mengurangi kelebihan gula dalam darah.
13. MEMELIHARA KEMAMPUAN MENTAL:
Gangguan atau kerusakan otak yang sekarang banyak dialami manusia adalah demensia, Alzherimer, Parkinson, dan lain-lain yang merusak sistem syaraf pusat. Untuk mencegah hal ini, disarankan mengkonsumsi buah manggis yang banyak mengandung zat antioksidan. Zat ini juga mencegah mental degeneration (penurunan kemampuan mental).
14.MENINGKATKAN ENERGI
Buah manggis berkhasiat memulihkan stamina. Beberapa orang yang memakan buah manggis secara terartur mengaku mendapatkan energi tambahan saat melakukan kerja keras.
15. MENURUNKAN KOLESTEROL
Kolesterol “jahat” atau LDL (low density lippoprotein) yang berlebihan akan menempel di dinding dan menyempitkan pembuluh darah. Dan kondisi ini bisa dikurangi dengan zat xanthones yang terdapat pada buah manggis.
16. MENGATASI BATU GINJAL:
Penyakit batu ginjal biasanya dialami oleh lelaki. Untuk mencegah penyakit batu ginjal disarankan mengkonsumsi 3 ons atau lebih buah manggis setaip hari. Menkonsumsi manggis akan membuat kita lebih sering kencing sehingga dapat mencegah munculnya batu ginjal.
17. MENCEGAH GANGGUAN PENGLIHATAN:
Katarak dan glukoma adalah gangguan penglihatan akibat radiasi yang menghilangkan protein pada elnsa mata. Gangguan ini bisa diatasi dengan menghindari sinar matahari langsung (menggunakan kaca mata) dan mengkonsumsi manggis yang mengandung antioksidan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar